Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak saat memberikan pengarahan pada pegawai, Kamis (12/01/2023)/ Ist

Liberti Sitinjak ke Pegawai Kemenkumham Sulsel: Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Selama Bertugas

Kamis, 12 Januari 2023 | 18:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel), Liberti Sitinjak memberikan pesan kepada seluruh pegawainya. Di mana harus menanamkan nilai-nilai Pancasila selama bertugas dan menjalankan fungsinya.

“Pancasila yang kita ucapkan tiap hari jangan hanya sekedar hiasan belaka, namun harus memahami makna yang ada dibaliknya,” ujar Liberti saat memberikan pengarahan pada pegawai, Kamis (12/01/2023).

pt-vale-indonesia

Ia menjelaskan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan landasan ideologi bangsa Indonesia yang isinya tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Nama Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni “Panca” yang berarti “Lima” dan “Sila” yang berarti “Dasar”.

“Target utama yang diharapkan dari pengucapan pancasila yang dilakukan oleh pegawai Kanwil Sulsel yakni adanya keyakinan beragama dari setiap pegawai, setiap perilaku kita mencerminkan kemanusiaan, memupuk nilai-nilai persatuan dan mempertahankan persatuan Indonesia, bahu-membahu dan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan, dan mengajak pegawai untuk bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari dengan tetap menghormati hak-hak orang lain,” harap Liberti.

Salah satu langkah nyata dalam memaknai Pancasila ditegaskan Liberti, agar pegawai Kanwil Sulsel tidak memarkirkan kendaraannya dibahu jalan. “Saya sampaikan jika masih terdapat pegawai yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, maka akan saya tindak dengan tegas,” ujarnya.

Selanjutnya, Liberti mengajak pegawai untuk merenungkan makna pancasila. Agar dapat diimplementasikan dalam Pelaksanaan tugas dan fungsi.

“Mari kita kerjasama dan sama-sama bekerja untuk bangkitnya kanwil Sulsel dalam penjabaran Pancasila,” lanjutnya.

Terakhir, ia juga menginformasikan terkait pembangunan Gedung Kanwil Sulsel yang baru. “Saya meminta doa dan dukungan dari seluruh pegawai agar nantinya pembangunan kantor Kanwil Kemenkumham Sulsel yang baru dapat terimplementasi dan selesai tanpa ada masalah,” tutupnya.(*)


BACA JUGA