Personel Kodim Gowa memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam/ Ist

Jaga Ketahanan Pangan, Kodim Gowa Manfaatkan Lahan Kosong Bercocok Tanam dan Budidaya Ikan

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Jajaran Kodim 1409 Gowa memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam dan budidaya ikan Nila. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjalankan program TNI dalam menjaga ketahanan pangan di daerah.

Selain bercocok tanam dan budidaya ikan jenis Nila, jajaran Kodim 1409 Gowa membantu upaya pemerintah dalam penanganan stunting.

pt-vale-indonesia

“Ketahanan pangan ini merupakan program TNI, untuk di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa dengan luas 7,9 hektare dan yang kita tanam itu sebanyak 7 hektare, jadi ini diperuntukkan untuk masyarakat,” kata Danramil 1409-01/Somba Opu, Kapten Inf Syaiful, Selasa (17/01/2023) kemarin.

“Ini merupakan kerjasama antara Kodam 1409 dengan Bank Indonesia, didalamnya kami menanam atau bercocok tanam jagung seluas 5 hektare, kemudian cabe 2 hektare, kalau jagung usianya ada tiga tingkatan, mulai dari 1-3 bulan,” sambungnya.

Bukan hanya itu, adapun budi daya ikan di lokasi tersebut yang terdiri dari 8 kolam dan didalamnya secara keseluruhan terdapat ribuan ikan dengan umur dua bulan lebih.

“Kemudian ada budi daya ikan nila dengan menggunakan bioflok sebanyak 8 dengan masing-masing 760, jadi totalnya 6000,” jelasnya.

“Yang kita lakukan itu, ada sebagian sudah dipanen, namun yang tanaman inti berupa jagung dan cabe dan ikan, jadi disini selain TNI, melibatkan juga sebanyak 43 KK, jadi kami berdayakan masyarakat disini, kebetulan kondisi ekonominya menengah kebawah, kami berdayakan untuk sama-sama menggarap tanah,” tukasnya.(*)