Kopi Topidi Gowa (sumber foto Instagram Kopi Topidi Gowa).

Kopi Topidi Gowa Dikenal Mancanegara, Ekspor 8 Ton Per Tahun ke Luar Negeri

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Selain di kenal sebagai daerah yang memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik, Kabupaten Gowa juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi berkualitas.

Bahkan kopi Topidi yang berasal dari kampung Topidi, Kelurahan Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong sudah dikenal di mancanegara.

pt-vale-indonesia

Hal terbukti karena kopi Topidi
sudah lima tahun join bekerjasama dengan pengusaha Australia dan Amerika melalui ekspor kopi Topidi yang merupakan biji kopi berkualitas.

Pengelolaan Kopi Topidi Gowa,
Halim Daeng Balengkang menjelaskan, bahwa kopi Topidi yang diproduksinya baik dalam bentuk olahan bubuk kemasan maupun dalam bentuk biji, telah dikenal di mancanegara pasca ekspor perdana lima tahun lalu.

“Alhamdulillah ekspor kita ini sudah masuk tahun ke enam setelah kami memulai pada 2017 lalu. Semoga selalu dilancarkan dan semoga produksi kopi di Topidi selalu baik dan lancar,” katanya, Minggu (22/1/2023).

Dalam per tahunnya kata Halim Balengkang, kolaborasi bersama pihak Toduri Kopi dan Sucavina Bandung mengekspor 8 ton. Ekspor ke luar negeri ini telah dilakoni Halim sejak tahun 2017.

Dengan prestasi tersebut, kopi Topidi Gowa bisa ikut bersaing untuk masuk dalam 36 produsen biji kopi terbaik di Indonesia pada event COE Internasional tahun ini..

“Kami harap doa dan dukungan masyarakat Gowa dan Pemerintah Kelurahan Bontolerung, Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong dan Pemerintah Kabupaten Gowa terus mendukung penuh agar kopi Topidi bisa masuk dalam 36 produsen biji kopi terbaik di Indonesia di event COE internasional tahun ini,” harapnya. (*)