Pendampingan UMKM yang dilakukan Dinas Koperasi Gowa/ Ist

Dinas Koperasi Gowa Dorong UMKM Berbasis Digital

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Gowa terus tumbuh. Hingga kini tercatat 57 ribu yang tumbuh hingga ke pelosok desa terpencil.

Untuk itu, jajaran Dinas Koperasi dan UKM Gowa gencar melakukan pembinaan dan pendampingan agar para pelaku usaha mampu bersaing kualitas di pasaran.

pt-vale-indonesia

Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin, berharap UMKM dapat naik kelas. Tentunya harus mengelola usahanya dengan berbasis digital dan modern.

“UMKM harus go digital dan go modern serta go global. Karena itu perlu dilakukan pendampingan intensif guna peningkatan kapasitasnya. UMKM juga perlu peralatan yang memadai sehingga kualitas dan kuantitas meningkat secara kontinyu,” kata Mahmuddin belum lama ini.

Dikatakannya, saat ini di Gowa UMKM yang ada sebanyak 57 ribu dengan berbagai jenis usaha. Dari 57 ribu ini tidak semuanya aktif.

Ada yang rutin berproduksi ada juga yang mandek lantaran tidak mampu bersaing dari berbagai sisi seperti kualitas produk, kemasan dan lainnya.

Mahmuddin pun mengimbau para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya secara kolaborasi sehingga produknya terkemas modern dan naik kelas.(*)


BACA JUGA