Kalla Institute Tutup Lomba Ide Bisnis, Ini Pemenangnya

Minggu, 05 Februari 2023 | 19:11 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Institut Teknologi dan Bisnis Kalla baru saja menggelar lomba ide bisnis tingkat SMA tahun 2023. Kegiatan itu diikuti puluhan tim se Sulawesi selatan yang berasal dari SMA/SMK/MA Sederajat sejak bulan Desember 2022 lalu, sampai Selasa (31/01/2023).

Berbagai proses telah dilalui oleh para peserta mulai dari babak kualifikasi hingga grandfinal yang mempertemukan 10 sekolah terbaik. Sekolah itu adalah SMK Telkom, SMK 8 Pinrang, Immim Makassar, SMA Athirah Bone, SMAN 2 Makassar, SMA YPS Soroako, Man 1 Soppeng, SMAN 5 Pare Pare, SMKN 1 Pinrang dan SMAN 2 Luwu Timur.

Pada acara puncak yang dilaksanakan di Auditorium Kalla Institute Nipah Park Office Buiding lt 6 tiap peserta memasuki tahapan pitching dimana mereka mempresentasikan ide bisnis masing masing. Melalui persaingan nilai yang ketat akhirnya dewan juri yang berasal dari ketua program studi dan ketua inkubator bisnis kalla institute menobatkan

SMA YPS Soroako sebagai juara pertama. Sementara Juara 2 diraih Man 1 Soppeng, Juara 3 diraih SMAN 2 Makassar dan Juara Favorit diraih Immim Makassar.

Peserta yang berhasil meraih juara mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp7 juta untuk juara 1, Rp5 juta untuk juara 2, Rp3 juta untuk juara 3 dan Rp500 Ribu untuk juara Favorit serta masing masing mendapatkan akses lokasi booth di Nipah ataupun Mari dengan nilai Rp3 juta.

Ketua Inkubator Bisnis, Taufan Gunawan mengungkapkan apresiasi yang besar terhadap para peserta. Di mana telah mengikuti proses kompetisi yang terbilang Panjang.

“Saya sangat mengapresiasi sebesar besarnya kepada seluruh peserta yang telah melewati proses lomba ini dengan baik. Terutama untuk peserta yang berasal dari luar makassar. Kami yakin melalui kompetisi ini menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga buat seluruh peserta,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Manajemen Retail, Anhar Januar Malik yang juga Juri dalam kopetisi tersebut menjelaskan bahwa ide ide yang dipaparkan para peserta sangat unik dan variative. Bisnisnya pun bermacam macam mulai dari aplikasi, makanan, fashion dan lainnya.

“Setelah melihat 10 peserta grandfinal kami dari juri sepakat untuk menobatkan SMA YPS Soroako sebagai juara dalam kompetisi tersebut. Dimana SMA YPS Soroako mengangkat bisnis inovasi olahan ubi untuk generasi muda,” ujarnya.

Peserta yang belum juara tetap dapat menjalani proses pendampingan bisnis dari Kalla Institute. Hal itu merupakan komitmen Institut Teknologi Dan Bisnis Kalla dalam mengembangkan SDM yang berkualitas untuk menciptakan pengusaha baru di masa yang akan datang. (*)


BACA JUGA