Kadis Sosial Gowa, Firdaus memberikan pembinaan kepada gepeng yang terjaring razia.

Dinsos dan Satpol PP Razia Gepeng di Gowa, Kadinsos : Mereka Berasal dari Makassar

Jumat, 10 Februari 2023 | 13:03 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Dinsos Gowa, Satpol PP Kabupaten Gowa bersama Tagana merazia anak jalanan, gelandangan dan pengemis, Jum’at (10/2/2023).

Sedikitnya ada 7 orang gepeng yang dirazia saat mengemis di lampu merah Jalan Poros Malino. Mereka langsung di bawa ke Kantor Dinas Sosial Gowa.

Kepala Dinas Sosial Gowa, Firdaus mengatakan, beberapa pengemis ini dibawa ke kantor Dinsos Gowa untuk dilakukan assessment.

“Kami juga berikan pembinaan agar mereka tidak lagi mengemis di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Dia mengatakan, setelah dilakukan assessment, para gepeng ini ternyata bukan warga Kabupaten Gowa, melainkan warga Kota Makassar.

Mereka sering mengemis di beberapa titik jalan di Kabupaten Gowa seperti ada di lampu merah menuju jalan pasar Sungguminasa.

Dan paling banyak berkeliaran di lampu merah menuju jembatan kembar.

“Alasan mereka tidak punya pekerjaan tetap. Makanya ke Gowa mengemis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Firdaus.

“Yang paling miris itu ada ibu yang membawa anak-anaknya yang masih kecil-kecil ikut mengemis.

Menurut Firdaus, aktivitas anak jalanan, gelandangan dan pengemis ini dinilai mengganggu kenyamanan pengguna jalan di Gowa.

“Kami senantiasa memantau aktivitas gepeng ini. Ada yang sudah beberapa kali kedapatan mengemis tapi tetap datang ke Gowa. Makanya tadi kami ingatkan untuk tidak lagi mengemis,” jelasnya.

Firdaus menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Balai Gau Mabaji yang selanjutnya dikoordinasikan ke Balai Wirajaya Makassar untuk di assessment. (*)


BACA JUGA