Suasana lauching Aplikasi Ojek Online Driver Malino.

Aplikasi Ojol Hadir di Malino, DM : Mudahkan Wisatawan Dapat Pelayanan

Senin, 20 Februari 2023 | 09:19 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Kota Bunga Malino di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi.

Wisatawan lokal maupun dari luar daerah Kabupaten Gowa biasanya menghabiskan libur akhir pekan di Malino.

Layaknya kota besar seperti Makassar, kota Malino kini memiliki sebuah aplikasi ojek online yang mempermudah wisatawan mendapatkan layanan.

Baik itu layanan pengantaran makanan, akses mendapatkan penginapan, villa, dan berbagai layanan lainnya.

Aplikasi ojek online ini bernama Driver Malino atau disingkat DM. Aplikasi ini bisa diakses oleh wisatawan di Play store dengan aplikasi Driver Malino.

Aplikasi ojek online Driver Malino ini dilaunching oleh Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin selaku penggagas, di Malino Food City, Minggu (19/2/2023).

DM sapaan akrab Darmawangsah Muin menggagas aplikasi ini bersama Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant (PHRI) Cabang Gowa, Muh Kadir.

Darmawangsah Muin mengatakan, aplikasi ini hadir dari sebuah kreatifitas anak lokal. Manfaatnya sangat banyak, baik untuk wisatawan maupun warga lokal.

Menurut dia, aplikasi ini digagas dengan tujuan memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Kota Malino. Utamanya saat malam hari.

“Dengan adanya aplikasi ojek online Driver Malino ini dapat mempermudah wisatawan yang ada di Malino untuk mendapatkan penginapan dan keperluan serta kebutuhan lainnya selama berlibur di Malino,” katanya.

Sementara itu, Ketua PHRI Cabang Gowa, Muh Kadir mengatakan, aplikasi ini hadir dari kegelisahan Darmawangsyah Muin. Kenapa di Malino ini tidak hadir ojek online seperti di Makassar.

Dari hal tersebut kata Muh Kadir, dia kemudian ditugaskan untuk membuat aplikasi ojek online Driver Malino.

“Saya berterima kasih kepada pak DM atas support nya dengan hadirnya aplikasi ini utama nya kami di dataran tinggi. Mudah-mudahan bisa menyentuh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap, aplikasi ini bisa lebih berguna bagi masyarakat dan wisatawan. Sementara untuk driver ojek online, mereka diminta untuk menjalankan aplikasi ini dengan baik sesuai dengan SOP.

Lanjut Muh Kadir bahwa aplikasi ojek online Driver Malino ini sebenarnya sudah berjalan selama kurang lebih sebulan.

Namun, baru dilaunching lantaran mempersiapkan dan kebutuhan yang masih kurang.

Selain itu, ada beberapa tahapan untuk dipersiapkan seperti di minggu pertama dipersiapkan percobaan.

Kemudian Minggu selanjutnya lagi untuk penerimaan pesanan

“Sekarang sudah ada 50 driver ojek online Malino yang tersebar di 3 Kecamatan yakni Tombolopao, Parigi dan Tinggimoncong,” ujarnya.

Sementara kata dia, untuk pengguna aplikasi ini sudah mencapai 600 orang. Pengguna dapat menikmati beragam fitur. Mulai ojek online motor, mobil, sewa mobil, dan pesan antar makanan serta penginapan.

“Di Aplikasi Driver Malino ini sudah lengkap ada ojek motor, mobil, rental mobil, penginapan, pertukangan dan pasar online serta goo food,” katanya.

“Jadi di aplikasi ini driver full mendapatkan setorannya tidak ada potongan sama sekali dan tidak ada biaya administrasi dan lainnya,” sambungnya.

Aplikasi Driver Malino ini merupakan aplikasi pertama yang ada di dataran tinggi khususnya di Gowa.

“Alhamdulillah sudah digunakan masyarakat, dan responnya itu positif, karena home industri yang di pinggiran kota saja bisa terkenal melalui aplikasi driver Malino ini,” tukasnya. (*)


BACA JUGA