Ular piton berukuran besar yang berhasil di tangkap warga di Kecamatan Parangloe.

Warga Gowa Tangkap Ular Piton 7 Meter, Hasilnya Mengagetkan

Senin, 20 Februari 2023 | 10:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Video aksi sejumlah warga menangkap ular piton berukuran besar beredar di sosial media.

Diketahui, penangkapan ular piton itu terjadi di kawasan hutan di Desa Belabori, Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, Sabtu (18/2/2023) lalu.

Video amatir yang beredar memperlihatkan warga menangkap ular piton sepanjang 7 meter.

Ular piton itu ditangkap usai memangsa seekor sapi milik warga yang dilepas di hutan atas gunung di Dusun Panyangkalang, Desa Belabori, Kecamatan Parangloe.

Upaya penangkapan ular piton ini pun sempat terkendala karena ular piton itu bersembunyi di semak belukar.

Sejumlah warga pun berusaha mengejar hingga akhirnya berhasil menangkap ular piton berukuran besar itu.

Setelah berhasil ditangkap, warga lalu membelah perut ular itu menggunakan parang. Hasilnya warga menemukan seekor sapi di dalam perut ular tersebut.

Menurut warga setempat, Hamka Daeng Ngitung, ular tersebut tidak sengaja ditemukan saat warga melakukan pengukuran lahan di kawasan hutan.

“Sebenarnya ular ini tidak sengaja ditemukan oleh warga dan tokoh masyarakat atas nama Sampuddin roa. Pada saat itu mereka melakukan pengukuran bersama pihak pertanahan dalam rangka pemetaan lahan warga,” ujarnya.

Pada saat itu, pak erka menemukan ular tersebut tapi tidak berani menangkap lantaran tidak memiliki persenjataan untuk menangkap ular tersebut.

Sehingga, Erka pun kembali dan memberitahu warga setempat bahwa adanya ular ditemukan berukuran sekitar 7 meter.

“Ular itu ditemukan di atas gunung dalam hutan mongki, melihat sapi yang dimangsa kemudian dia melapor ke warga. Setelah itu bersama warga setempat berhasil menangkap ular tersebut. Sedangkan sapi yang dimangsa umurnya sekira 1 tahun,” katanya

Dijelaskan, setelah ditelusuri, sapi tersebut merupakan milik salah satu warga atau tokoh masyarakat bernama milik Mustari Daeng Buang.

Menurutnya, warga kerap diresahkan lantaran sapi milik warga hilang. Dan ternyata sapi milik warga yang hilang itu dimangsa oleh ular piton. (*)


BACA JUGA