Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/ Int

Jokowi Sebut Indonesia Tiga Teratas Paling Rawan Bencana

Kamis, 02 Maret 2023 | 18:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Presiden RI, Joko Widodo menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan ketiga teratas paling rawan bencana.

Hal itu disampaikan Jokowi saat Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta, Kamis (02/03/2023).

pt-vale-indonesia

“Saat ini semua negara mewaspadai perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana. Perubahan iklim itu menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis dan Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana,” ujar Presiden.

Joko Widodo mengungkapkan, frekuensi bencana di Indonesia naik 81 persen, dari 1.945 bencana di tahun 2010 menjadi 3.544 bencana di tahun 2022, yang meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan non alam lainnya.

“Untuk itu, siaga dan waspada menjadi kunci, baik tahap pra bencana, pada tahap tanggap darurat, maupun pasca bencana. Semuanya harus disiapkan, semuanya harus dikelola dengan baik,” ujar Presiden mengingatkan.

Sebanyak kurang lebih 4.000 peserta terdiri dari gubernur dan jajaran Forkopimda provinsi, bupati, walikota beserta jajaran, Forkopimda kabupaten/kota, perwakilan kementerian dan lembaga, utusan dan perwakilan negara sahabat, organisasi masyarakat, perguruan tinggi media dan relawan menghadiri Rakornas yang mengangkat dengan “Penguatan Resiliensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana”.(*)