Musrenbang Tematik digelar Pemkab Gowa untuk pengentasan kemiskinan ekstrem.

13.078 Keluarga di Gowa Miskin Ekstrem, Pemkab Gowa Canangkan Program Pengentasan

Rabu, 08 Maret 2023 | 16:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Sebanyak 13.078 keluarga di Kabupaten Gowa tercatat masih berada dalam kondisi miskin ekstrem.

Hal itu diketahui berdasarkan data pengetesan kemiskinan ekstrem (P3KE)
yang diperoleh dari hasil pendataan keluarga 2021 (PK21) yang dilaksanakan oleh BKKBN.

pt-vale-indonesia

Dengan kondisi tersebut, Pemkab Gowa melakukan upaya untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di Gowa.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tematik.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan tema “Bebaskan Keluarga dari Stunting dan Kemiskinan Ekstrim untuk Gowa Lebih Sejahtera pada Selasa (7/3/2023) di Baruga Karaeng Pattingalloang.

“Dalam upaya mendorong ini tentunya pemerintah daerah berkomitmen menuntaskan permasalahan tersebut. Salah satunya dengan melaksanakan Musrenbang Tematik,” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Adnan mengaku melalui Musrenbang Tematik ini, diperlukan adanya perencanaan pembangunan yang menargetkan kemiskinan ekstrem agar bisa selesai dan tuntas sesuai dengan kebijakan dan target pemerintah pusat.

“Sekarang kita harus merumuskan sebuah perencanaan pembangunan dan menyusun strategi yang tepat untuk bisa menghapuskan dan juga membebaskan keluarga yang ada di Kabupaten Gowa ini dengan kemiskinan ekstrim. Salah satunya harus kerja bersama, karena kesuksesan itu bisa diraih dengan cara-cara kolaborasi,” sebutnya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap penghapusan kemiskinan ekstrem.

Apalagi kata dia, pemerintah pusat menargetkan pada 2024 mendatang angka kemiskinan ekstrim di seluruh daerah nol persen, termasuk angka prevalensi stunting sebesar 14 persen.

“Ini sebagai upaya terpadu dan sinergi antara pemerintah daerah dan nasional untuk membebaskan keluarga dari stunting dan kemiskinan ekstrim untuk Gowa lebih sejahtera yang diharapkan sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah Kabupaten Gowa 2024 mendatang,” tutupnya. (*)


BACA JUGA