Komandan Lanud Hasanuddin Siap Dukung BKKBN Sulsel Turunkan Angka Stunting

Selasa, 14 Maret 2023 | 13:30 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Komandan Lanud Sultan Hasanuddinn Marsama TNI David Yohan Tamboto menyatakan siap dukung pemerintah khususnya BKBN Sulsel menurunkan angka prevalensi stunting. Hal ini diungkapkannya saat menerima kunjungan audiensi Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Andi Ritamariani di Aula Pertemuan Lanud Hasanuddin Makassar, Senin (13/03/23).

“Kami siap mendukung upaya penurunan stunting di Sulawesi Selatan dengan menggerakan seluruh unsur yang ada di Lanud Hasanuddinun,” kata Marsama David.

pt-vale-indonesia

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Maros, Husair, MM. Ia datang bersama jajarannya.

Kepala BKKBN Sulsel, Andi Rita mengatakan kunjungan ini dalam rangka memperkuat kolaborasi dan sinergitas bersama TNI dalam upaya percepatan Penurunan Stunting. “Kedatangan kami sekaligus membicarakan persiapan pelaksanaan pencanangan percepatan penurunan stunting bersama TNI Angkatan Udara yang akan dilaksanakan secara serentak diseluruh landasan udara yang ada di Indonesia,” ujar Andi Rita.

Disebutkan kegiatan pencanangan ini nantinya akan dipusatkan di Kupang. Agenda ini bersamaan dengan kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo ke Satrad 226 Buraen 19 dan 20 Maret 2023 mendatang.

Andi Rita menyampaikan stunting saat ini menjadi program prioritas nasional. Di mana stunting menjadi ancaman kualitas generasi bangsa di masa mendatang.

Lebih lanjut, dijelaskan berdasarkan Data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 prevalensi stunting Sulsel sebesar 27,4%, mengalami penurunan di tahun 2022 menjadi 27,2%, angka tersebut masih jauh dari target nasional yaitu 14 persen di tahun 2024.

“Masalah stunting merupakan masalah yang kompleks, dimana penanganannya membutuhkan dukungan dan keterlibatan seluruh unsur termasuk TNI Angkatan Udara, untuk itu kolaborasi dan sinegitas dalam penanganannya perlu diperkuat,” terang Andi Rita.

Dalam pencanangan stunting bersama TNI Lanud Hasanuddin tanggal 19 -20 Maret mendatang, akan dilaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya Pelayanan KB dan IVA test gratis, Sosialisasi Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), Sosialisasi 1.000 Hari Pertama Kehidupan dan Grebek Stunting. (*)