Kukuhkan 4.175 Relawan Sibat, Wabup Gowa : Bantu PMI Jalankan Tugas Kebencanaan

Minggu, 14 Mei 2023 | 16:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kabupaten Gowa resmi dikukuhkan pada pelaksanaan Jumbara PMR IX Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan di Malino kemarin.

Wakil Bupati Gowa yang juga Ketua PMI Gowa, Abd Rauf Malaganni menyebut relawan Sibat ini merupakan pertama kalinya dibentuk di Kabupaten Gowa dengan total 4.175 orang, dimana setiap desa/kelurahan terdapat 25 orang yang masuk dalam anggota Sibat tersebut.

pt-vale-indonesia

“Mereka ini akan menjadi orang-orang yang membantu PMI dalam menjalanakan tugas apabila terjadi bencana di desa/kelurahannya. Hal ini kita lakukan agar pertongan pertama bisa segera diberikan kepada masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang juga Ketua PMI Sulsel mengatakan, Tim Sibat dibentuk di seluruh kabupaten/kota Sulawesi Selatan dan dimulai di Kabupaten Gowa.

“Hari ini kita sudah lihat ada sekitar 5.000 orang dari setiap desa/kelurahan yang masuk, sehingga kedepannya tugas-tugas relawan dari PMI mendapatkan bantuan dari lapisan masyarakat yang ada agar semua tugas yang berat bisa menjadi ringan karena adanya Sibat ini,” jelas Adnan.

Dia berharap pelaksanaan Jumbara yang mengumpulkan relawan mulai dari tingkat Mula, Madya dan Wira ini ditambah anggota Sibat, akan memperkuat jiwa kesolidaritasan dan meningkatkan pengetahuannya tentang kebencanaan.

“Kita ingin para peserta yang hadir ini ketika dibutuhkan di daerah masing-masing, mereka sudah siap untuk membantu sesama karena telah dibekali dengan pelatihan-pelatihan, sehingga bisa bersama-sama menolong masyarakat yang membutuhkan saat terjadinya bencana,” harapnya. (*)


BACA JUGA