Penyerahan berkas hasil verifikasi administrasi diberikan kepada perwakilan atau LO partai di Aula KPU Gowa, Jalan Andi Malombassang, Kecamatan Somba Opu, Sabtu (24/06/2023)/

707 Bacaleg di Gowa Belum Memenuhi Syarat Administrasi

Sabtu, 24 Juni 2023 | 22:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 707 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Gowa pada Pemilu 2024 belum memenuhi syarat administrasi.

Hal itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menyerahkan hasil Verifikasi administrasi (Vermin) persyaratan bakal calon legislatif anggota DPRD pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

pt-vale-indonesia

Penyerahan berkas hasil verifikasi administrasi langsung diberikan kepada perwakilan atau LO partai di Aula KPU Gowa, Jalan Andi Malombassang, Kecamatan Somba Opu, Sabtu (24/06/2023).

Anggota KPU Gowa Divisi Teknis Penyelenggaraan, Muhammad Basir menyebutkan, sebanyak 17 partai pemilu yang sudah mendaftarkan bacalegnya.

Totalnya sebanyak 744 bacaleg. Namun, dari 744 bacaleg tersebut, ada sebanyak 707 bacaleg yang belum memenuhi syarat administrasi.

“Masih banyak sekali ada 90 persen lebih belum memenuhi syarat,” ujarnya.

Menurut dia, ratusan bacaleg yang belum memenuhi syarat administrasi ini karena salah ketika meng-upload data pada Aplikasi SILON.

“Yang belum memenuhi verifikasi administrasi karena tidak dicentang di silon, yang paling banyak surat pernyataan lupa dicek list,” paparnya.

“Paling banyak terkendala karena salah upload, seperti surat keterangan pengadilan yang diupload itu surat keterangan sehat,” sambungnya.

Lanjut Basir, adapun bacaleg yang memenuhi syarat baru sebanyak 37 bacaleg dari 17 partai. Bacaleg itu diantaranya dari partai PKB 1, Gerindra 13, NasDem 1, PKS 2, Demokrat 6, Perindo 5.

Sementara untuk bacaleg yang belum memenuhi syarat administrasi, akan mengikuti vermin perbaikan pada 26 Juni sampai 9 Juli mendatang 2023

“Dua minggu masa perbaikan, jadi kami harapkan agar seluruh parpol agar melakukan perbaikan. Makanya ini kesempatan perbaikan dan diupload di aplikasi Silon,” tukasnya.(*)


BACA JUGA