Gelar KKS 2023, Bank Indonesia Sulsel Dorong Sektor Ekonomi Kreatif Tumbuh

Sabtu, 01 Juli 2023 | 18:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Untuk mendorong akselerasi pengembangan UMKM dan Industri Kreatif di Sulsel, Bank Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Karya Kreatif Sulawesi Selatan (KKS)”. Kegiatan KKS 2023 ini berkolaborasi dengan event Runway Creative Market di Ground Floor New Trans Studio Mall (TSM) sejak 28 Juni hingga 2 Juli.

KKS 2023 mengangkat tema “Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Sulawesi Selatan”. Adapun rangkaian kegiatan dari KKS 2023, meliputi: Showcasing produk UMKM, Fashion Show bertema wastra lokal Sulawesi Selatan, capacity building bagi UMKM, talkshow seputar pengembangan UMKM dan UMKM Hijau, kegiatan Business Matching, serta dimeriahkan oleh berbagai lomba kreatif serta fashion show.

pt-vale-indonesia

“KKS 2023 ini merupakan event yang kami selenggarakan dalam rangka mendukung kegiatan nasional yaitu Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27-30 Juli 2023,” ungkap M. Firdauz Muttaqin selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel.

Sejalan kegiatan KKI tersebut, kata dia, KKS 2023 yang diselenggarakan Bank Indonesia Sulawesi Selatan bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM terutama dari Sulsel.

“Serta mendorong peningkatan akses pasar UMKM baik domestik maupun internasional (ekspor) yang bermuara pada peningkatan penjualan produk UMKM,” ucapnya.

Pada KKS 2023 ini menghadirkan lebih dari 90 UMKM, termasuk 42 pelaku usaha yang merupakan UMKM Binaan BI. Adapun ragam produk-produk yang akan ditampilkan meliputi produk fashion & accessories, craft, food, dan coffee. Khusus untuk produk fashion yang bertema wastra lokal, akan juga ditampilkan secara langsung dalam kegiatan fashion show yang diselenggarakan selama pelaksanaan kegiatan.

Sementara itu, sebagai bentuk kolaborasi pengembangan UMKM antara BI, Perbankan, pemerintah provinsi dan berbagai stakeholder terkait, akan diselenggarakan kegiatan Business Matching UMKM. Kegiatan ini dilakukan antara lain untuk mendorong financing perbankan kepada UMKM, meningkatkan transaksi penjualan baik offline maupun online melalui platform serta mendukung akses pasar bagi UMKM potensi ekspor.

Khusus terkait peningkatan kapasitas UMKM, sebagai bagian dari KKS 2023 kami juga akan menyelenggarakan pelatihan kepada pelaku usaha kain yang berkolaborasi dengan salah satu desainer nasional ternama. Melalui kegiatan ini, Bank Indonesia bersama Pemerintah Sulsel akan terus mendorong kolaborasi aktif dari seluruh pihak untuk mendukung UMKM dan juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas, baik dari sisi desain maupun produk fashion wastra lokal Sulawesi Selatan.

Hal ini tentunya akan meningkatkan daya saing produk serta dapat membuka pasar yang lebih luas bagi produk fashion wastra khas Sulsel.(*)


BACA JUGA