Edarkan Uang Emisi Terbaru, Bank Indonesia Sulsel Kembali Gelar Ekspedisi ke Pulau 3T

Senin, 17 Juli 2023 | 16:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Lantamal VI kembali menggelar ekspedisi Rupiah Berdaulat. Ekspedisi ini menyasar pulau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Tahun ini, Bank Indonesia Sulsel menyasar lima pulau, ialah Kalaotoa, Pulau Kayuadi, Pulau Bonerate, Pulau Jinato dan Pulau Selayar. Ekspedisi dimulai 17 sampai 22 Juli 2023.

pt-vale-indonesia

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana menyampaikan pihaknya membawa uang dengan emisi baru dengan total Rp10 Miliar pada ekspedisi kali ini. Pihaknya ingin masyakarat bisa bertransaksi dengan menggunakan uang yang layak edar.

“Kita membawa pecahan uang yang beragam, ada pecahan Rp10 ribu, Rp20 ribu, dan seterusnya,” kata Pak Cik–sapaan akrabnya usai pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Lantamal VI, Senin (17/07/2023).

Ekspedisi kali ini yang menjadi ke-9 digelar sejak tahun 2016. Tidak hanya bertujuan memberikan uang baru, melainkan juga untuk sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah kepada masyarakat pulau.

“Ini bagaimana kita menjangkau pulau terluar untuk menjaga supaya uang rupiah tetap terjaga,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, Ichsan Mustari berharap ekspedisi ini terus berlanjut dengan menjaga sinergitas antar pihak terkait.

“Sinergitas seperti ini kita butuhkan dengan menarik uang, kemudian menggantinya dengan uang baru layak edar,” tukasnya.(*)


BACA JUGA