Program Pascasarjana Unibos Kembali Cetak Doktor Baru

Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Program Doktor (S3) Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Sidang Ujian Terbuka atau Promosi untuk mencapai Gelar Doktor dalam Bidang Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

Hendrik Suryo Suriandjo maju sidang Promosi Doktor dengan mengusung judul Disertasi “Model Transformasi Sosio-Spasial Kawasan Perkotaan (Studi Kasus Kawasan Boulevard II di Kota Manado)”, Rabu (16/08/2023).

pt-vale-indonesia

Prof Batara Surya selaku Rektor Unibos bertindak sebagai Ketua Sidang sekaligus Promotor, Prof Darmawan Salman dan Syamsul Bahri, bertindak sebagai Ko-Promotor dan Penguji, menghadirkan Associate Professor Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Ria Wijantara R, yang bertindak sebagai Penguji Eksternal, serta Prof Arifuddin Akil, bersama Prof Muhibuddin, Syafri, dan Murshal Manaf, bertindak sebagai Penguji Internal.

Dalam Sidang Terbuka ini, selaku Ko-Promotor, Prof. Darmawan Salman menyebutkan kiat-kiat dan tanggung jawab sebagai akademisi yang telah bergelar doktor.

“Seorang akademisi atau ilmuan boleh berbuat salah tapi tidak boleh berbohong dalam penelitian. Olehnya itu, filosofinya seperti bola yang ketika semakin keras di lepas dan lentingannya akan makin tinggi, begitulah upaya yang kami harapkan selama proses akademik saudara hingga hari ini,” ungkapnya.

Dr. Hendrik Suryo Suriandjo sebagai Promovendus mengungkapkan rasa bangga dan harunya yang hari ini telah resmi menyandang gelar Doktor dalam momen penyampaian kesan dan pesan.

“Teima kasih atas bantuan segenap dosen yang bisa memudahkan saya, sangat lega rasanya bisa menuntaskan misi akademik saya dan terima kasih kepada Universitas Bosowa yang telah memberikan saya kesempatan untuk berkuliah Doktor disini, sebuah pengalaman yang tak ternilai,” ucapnya.

Sebagai penutup, dalam momen penyampaian kesan dan pesan, tak lupa Promovendus berpesan kepada siapapun diluar sana untuk tidak ragu menentukan pilihan berkuliah di Unibos.

“Jangan ragu kuliah di Unibos karena Unibos is the best,” pungkasnya.

Ungkapan kebahagiaan dan rasa syukur mendalam juga disampaikan oleh Direktur Pascasarjana, Prof Muhibuddin.

“Saat ini akreditasi pasca ‘Baik Sekali’ dan kami siap untuk reakreditasi menuju ‘Unggul’, dan ekspektasi kami untuk Program Doktor PWK semoga bisa mencapai Unggul,” paparnya.

Tak lupa, Rektor Unibos, Prof Batara Surya berpesan kepada Promovendus untuk terus berjuang hingga mendapat gelar professor kelak.

“Biasanya tidak afdol kalau sudah Doktor dan tidak berjuang lagi mendapatkan gelar professor, dan bisa dikatakan masa studi saudara terbilang cepat, semoga kedepan bisa meraih lagi gelar professor,” harapnya.

Dr Hendrik Suryo Suriandjo berhasil menyelesaikan Program Doktornya dalam kurun waktu 3 Tahun dan meraih IPK Cumlaude.(*)


BACA JUGA