Telkom Dorong UMKM Naik Kelas Melalui Packaging Festival 2023

Selasa, 22 Agustus 2023 | 15:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Sejalan dengan agenda pemerintah dalam menciptakan UMKM berdaya saing global, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah BUMN Telkom mengajak para pelaku UMKM di Indonesia untuk meningkatkan kualitas bisnisnya melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2023 beberapa waktu lalu.

SGM Community Development Center Telkom Hery Susanto menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Telkom dalam mendorong UMKM agar memiliki value dalam pengelolaan produk melalui kemasan. Sehingga ketika kemasan produk memiliki nilai standar lebih, akan meningkatkan potensi pemasaran dan nilai jual.

pt-vale-indonesia

“Penting bagi sebuah usaha untuk dapat mengikuti perkembangan trend saat ini karena produk yang viral selalu memiliki kemasan yang menarik sebagai identitas usaha,” ujarnya.

Program ini merupakan sebuah inovasi untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Indonesia dengan cara memberikan subsidi upgrading kemasan produk bisnis dengan tujuan agar para UMKM dapat menciptakan kemasan berkualitas yang dilengkapi desain unik dan dapat menjadi media promosi tersendiri. Selain itu, program ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 1 pengentasan kemiskinan dan poin 8 yang memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi.

Packaging Festival 2023 diikuti oleh 38 Rumah BUMN, dengan 5 Rumah BUMN dengan peserta UMKM terbanyak berasal dari Rumah BUMN Palu, Rumah BUMN Malang, Rumah BUMN Lubuk Pakam, dan Rumah BUMN Parepare, serta Rumah BUMN Tarakan. Adapun banyaknya UMKM yang terlibat adalah lebih dari 200 UMKM dengan jumlah permintaan upgrading kemasan sebanyak 198.500 lembar kemasan.

Sampai bulan Agustus 2023, sebanyak 29.000 kemasan sudah berhasil masuk ke proses percetakan dan jumlah sisanya masih dalam proses desain. Adapun bahan yang digunakan dalam kegiatan Packfest 2023 ini adalah nonziplock paper metal dan ziplock super alumunium dengan jenis kemasan full printing yang terdiri dari 4 jenis ukuran kemasan, yakni 13 cm x 20 cm, 14 cm x 24 cm, 16 cm x 25 cm, dan 18 cm x 29 cm.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong terwujudnya UMKM yang kreatif dan berdaya saing global. Rumah BUMN Telkom juga akan terus berinovasi dengan menjalankan tanggung jawabnya dalam meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia melalui program Packaging Festival. (*)

Tags:

BACA JUGA