Dirut Zarindah Ajak Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Jadi Entrepreneur

Senin, 28 Agustus 2023 | 19:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Menanamkan pola pikir (mindset) menjadi pengusaha dikalangan generasi milenial dianggap penting. Hal ini sebab jumlah wirausahawan di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara maju lainnya. Sekaitan dengan itu, diperlukan upaya dari segenap pemangku kepentingan, termasuk pihak sekolah untuk mendorong peserta didik agar mau menjadi pengusaha.

Dalam upaya menumbuhkan semangat menjadi pengusaha, SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar kegiatan yang bertajuk Entrepreneur Day di Gymnasium Sekolah Islam Athirah, Jalan Raya Baruga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (28/08/2023).

pt-vale-indonesia

Narasumber yang dihadirkan ialah salah satu pelaku bisnis perumahan terbesar sekaligus Direktur Utama PT Zarindah Perdana, Muhammad Sadiq. Hadir Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Sabaruddin Lc, Muhammad Syafitra, Muhammad Nur, Masrurog Gr, dan Ilmaddin. Juga hadir karyawan tata usaha SMA Islam Athirah Bukit Baruga Abdul Rahman, Said, para pengurus OSIS, dan siswa-siswi kelas X, XI, dan XII.

Seminar ini bertema “Build Your Own Business”. Kegiatan bertujuan membentuk mindset entrepreneurship sejak dini. Dalam pemaparannya, pemateri Ir Muhammad Sadiq mengungkapkan, tidak semua bisnis pasti berhasil. Karena itu, mitigasi resiko sangatlah penting. “Diimbangi dengan keyakinan usaha,” ujarnya.

Ia mencontohkan, resiko menjual kue adalah kuenya basi, tidak laku, atau banyak kompetitor. “Makanya perlu mitigasi untuk mencegah supaya hal itu tidak terjadi. Kalau kita yakin, maka pasti berpengaruh terhadap keberhasilan,” sebut salah satu orang tua siswa ini.

Menanamkan mindset juga disertai dengan visi membawa manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain. Selain itu, kemampuan melihat peluang tetapi tidak latah atau ikut-ikutan. “Yang paling penting yaitu berani memulai, tidak cepat putus asa, dan konsisten,” sebut M Sadiq.

Tips memulai bisnis adalah memulai dengan apa yang anda sukai. Yang keren adalah mahasiswa yang berwirausaha. “Bagaimana menumbuhkan mindset wirausaha, terus menambah wawasan melalui media apa saja, termasuk sekarang ini melalui media sosial. Selalu memotivasi diri dengan membaca biografi pengusaha sesuai ketertarikan kita,” ujar pemilik perumahan Zarindah Group ini.

Kalau kita kalah besar, jangan kalah cepat. “Usaha dibidang jasa harus banyak relasi dan bisa dipercaya,” terangnya.

Dalam hal melihat peluang bisnis, maka lihatlah apa yang orang butuhkan. Jangan buat bisnis yang orang tidak butuhkan. Lihatlah apa yang orang butuhkan. “Rumusnya lihat Kebutuhan pokok yaitu sandang, pangan, dan papan (pakaian, makanan, dan rumah),” jelas M Sadiq.

Kegiatan entrepreneur day yang diselenggarakan oleh OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga ini rencananya akan digelar selama 3 hari hingga Rabu, 30 Agustus 2023. Setelah seminar, acara berikutnya adalah workshop, market day, dan presentasi ide bisnis.(*)