Luncurkan Inovasi Rukoku, Kabid Disdik Gowa: Sebuah Perubahan Paradigma Belajar di Rumah

Selasa, 29 Agustus 2023 | 19:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa menginisiasi sebuah inovasi bernama Rukoku (Rumahku Sekolahku).

Inovasi ini secara resmi dilaunching oleh Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni bersama Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Taufik Mursad di Baruga Karaeng Galesong, Senin (28/08/2023).

pt-vale-indonesia

Hadir pada kegiatan launching ini, Kepala BPPMPV KPTK Kemendikbud, Kepala Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua PGRI Kabupaten Gowa, Ketua Dewan Pendidikan, Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dan Komunitas Orang tua Peduli.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dinas, Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang juga Inovator Program Rukoku, Ulfa Tenri Batari mengatakan Rukoku ini sebuah perubahan paradigma belajar di rumah yang dikemas dalam bentuk komunitas orang tua peduli dan website interaktif.

Selain itu, aplikasi atau website ini memberikan ruang interaksi antara guru dan orang tua siswa mulai dari tingkatan TK, SD hingga SMP.

Hal ini sejalan dengan program pendidikan Pemkab Gowa yang telah ada seperti Imtak Pemkab Gowa, Pendidikan Investasi Seperempat Abad, Punggawa D’Emba Education, Satu Desa Satu Sarjana dan Program Mahasantri.

“Komunitas ini berkolaborasi dengan pihak sekolah yang menjadi mediator kepada orang tua dan pihak sekolah bagaimana cara mendidik anak sesuai tingkatan usianya dan kami ada layanan interaktif dimana layanan ini menjadi ruang interaksi antara orang tua dan guru tentang perkembangan belajar anak-anaknya setiap hari,” katanya.

Ulfa menjelaskan, keterlibatan orang tua memang sangat penting dalam mendidik anak. Menurutnya hal ini telah tertuang dalam tri pusat pendidikan yaitu tiga unsur yang terlibat orang tua di rumah, guru di sekolah dan masyarakat.

“Intinya Rukoku ini bagaimana kita dari dinas pendidikan melibatkan orang tua karena tugas pendidikan bukan tugas kami, semata tapi orang tua juga bagian dari kami. Jadi kita sama-sama bergerak bagaimana mewujudkan dan melakukan pemulihan pembelajaran apalagi efek pandemi masih ada dan melakukan percepatan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Gowa,” jelasnya.(*)


BACA JUGA