Sambut Mahasiswa Baru, Politeknik Bosowa Garansi Pembelajaran Berkualitas

Senin, 04 September 2023 | 10:26 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Politeknik Bosowa (Poltekbos) menyambut 120 mahasiswa baru (maba) dalam gelaran program orientasi yang berlangsung di Aulia Poltekbos, Jalan Kapasa Raya, Senin (04/09/2023).

Dalam orientasi ini, mahasiswa baru diperkenalkan terkait dunia kampus Poltekbos. Termasuk pengenalan mengenai pembelajaran di kampus.

pt-vale-indonesia

Direktur Poltekbos, Alang Sunding mengatakan ada hal baru dalam pembelajaran mulai tahun ini. Di mana mahasiswa baru bisa merasakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM sendiri merupakan program yang dicanangkan oleh Mendikbud Ristek. Tujuannya, mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

“Tahun 2023 ini kita menerapkan kurikulum MBKM jadi ini yang kita perkenalkan. Karena memang diploma 3 dulu tidak diwajibkan jadi kita harapkan mahasiswa juga lebih hebat lagi lulusan melalui MBKM,” ujarnya.

Selain itu, Alang Sunding menjelaskan pembelajaran di Poltekbos lebih menekankan praktik ketimbang teori. Salah satu bukti adalah memberikan kesempatan magang lebih lama.

“Jadi magang itu kita ada dua semester. Dan rata-rata mahasiswa kita yang magang disitu pasti minta tetap bekerja saja,” ujarnya.

Alan Sunding juga mengklaim Poltekbos satu-satunya kampus vokasi yang memiliki masa magang terlama. Juga dengan pilihan tempat magang yang banyak mulai luar negri seperti Malaysia hingga dalam negeri.

“Bahkan Perhotelan itu bisa sampai 10 bulan. Jadi itulah kesempatan mereka untuk mendapatkan pekerjaan,” tukasnya.

Tahun ini, Poltekbos menerima 120 mahasiswa baru. Rencananya, jumlah mahasiswa tiap tahunnya bakal bertambah seiring pembukaan prodi sarjana terapan nanti. (*)


BACA JUGA