Kebakaran lahan kawasan Hutan Pinus Malino/

Adnan Imbau Warga Tidak Buang Puntung Rokok dan Sampah Sembarangan

Senin, 02 Oktober 2023 | 19:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengimbau warga agar tidak membakar sampah di sembarangan tempat.

Imbauan itu disampaikan Adnan sebab dalam satu hari beberapa titik di Kabupaten Gowa terjadi kebakaran.

Salah satu kebakaran terparah yang terjadi beberapa waktu lalu di Kawasan Hutan Pinus Malino. Sekitar 8 haktare lahan kawasan Hutan Pinus Malino terbakar.

“Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. Termasuk untuk tidak membakar sampah sembarangan maupun membuang puntung rokok di sembarang tempat,” kata Adnan belum lama ini.

Menurut dia, dengan musim kemarau yang terjadi saat ini menyebabkan rumput yang ada di lahan hutan kering. Dengan kondisi rumput kering ini dinilai sangat mudah terjadi kebakaran.

“Kita berharap masyarakat bisa bekerja menjaga supaya tidak ada potensi kebakaran hutan, tidak membuang dan membakar sampah sembarangan, dan tidak membuat hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran,” harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gowa, Rostam Razak menuturkan pihaknya juga sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat.

“Kita sudah imbau melalui pemasangan papan imbauan. Juga melalui media sosial kita imbau agar warga tidak membakar sampah sembarangan di musim kemarau ini,” ujarnya.(*)


BACA JUGA