Sawah

Dinas Tanaman Pangan Gowa Klaim Stok Pangan Aman di Musim Kemarau

Senin, 02 Oktober 2023 | 20:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa mengklaim stok pangan utamanya beras tetap aman meskipun di musim kemarau panjang tahun ini.

“Stok pangan kita di Kabupaten Gowa pada musim kemarau tahun ini masih aman,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Gowa, Fajaruddin saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

pt-vale-indonesia

Menurut dia, stok pangan utamanya beras masih aman karena pihaknya menerapkan pola-pola penanaman padi secara berkesinambungan.

Selain pola tersebut, pihaknya juga mendorong petani untuk melakukan peningkatan produksi.

“Misalnya petani yang hanya menanam satu kali, kita tingkatkan bisa menanam dua kali. Beberapa daerah seperti Bajeng, Bajeng Barat dan Bontonompo Selatan kita dorong seperti itu,” tuturnya.

Lanjut Fajaruddin, kalaupun ada kendala kekurangan air bagi petani, pihaknya mencari solusi dengan melakukan pompanisasi.

“Ini yang sekarang kita sudah lakukan. Kemarin ada bantuan pompanisasi melalui dana aspirasi kurang lebih 850 unit kita sebar ke masing-masing kecamatan. Sehingga terbukti sekarang dengan kekurangan air, masyarakat melalui pompanisasi bisa kita aliri sawahnya,” katanya.

“Kalau pun ada masyarakat yang sudah menanam padi dan kekurangan air, kita lakukan pompanisasi mencari sumber air kemudian kita aliri sawahnya,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA