SD Pattallassang Gowa Jadi Percontohan Penerapan Digital

Selasa, 03 Oktober 2023 | 15:38 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-SD Inpres Pattallassang di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menjadi percontohan atau model penerapan transformasi digital pasca pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah sekolah kami sudah menerapkan transformasi digital dalam sistem pembelajaran kepada siswa,” kata Kepala Sekolah SD Inpres Pattallassang, Hj Saniasa, S.Pd di Gowa, Selasa (3/10/2023).

pt-vale-indonesia

Dia mengatakan, salah satu amanah yang diberikan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa adalah menjadi salah satu sekolah model berprestasi dari 20 sekolah di Kabupaten Gowa yang menyandang predikat tersebut.

Sementara dari total Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa, lanjut dia, sebanyak 543 sekolah dan yang hanya 20 sekolah yang terpilih menjadi sekolah model berprestasi.

“Khusus di Kecamatan Pattallassang, hanya SD Inpres Pattallasang ini satu-satunya yang menjadi sekolah model berprestasi sejak 2017,” katanya.

Mengenai penerapan digitalisasi dalam metode belajar mengajar ini, lanjut dia, sejak pandemi COVID-19 sudah mulai menerapkan hingga saat masa pelonggaran seperti saat ini.

Hal itu dibenarkan salah seorang guru yang mengajarkan Pendidikan Agama Islam, Hanafi alumni Universitas Muhammadiyah Makassar, Hanafi.

Dia mengatakan, dalam mengajarkan mengaji dan tajwid digunakan sarana digital yang berbasis audio visual dengan menggunakan aplikasi Youtube.

Menurut salah seorang siswa SD Inpres Pattallassang, Azzahra Putri Amalia dengan mengunakan sarana digitalisasi lebih mudah memahami pelajaran di sekolah.

“Saya dan teman-teman senang belajar dengan metode pembelajaran berbasis digital, karena lebih mudah mengerti dan Pak guru tinggal menjelaskan jika masih ada yang kurang paham,” katanya.

Kepala Sekolah SD Inpres Pattalsang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa Hj Saniasa, S.Pd yang sudah menerapkan proses belajar mengajar di sekolah tersebut sudah menggunakan sistem digitalisasi berbasis layanan internet. (*)


BACA JUGA