Gowa Jadi Lokus Studi Tiru TP PKK Halmahera Selatan

Jumat, 06 Oktober 2023 | 11:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Tim Penggerak PKK Kabupaten Halmahera Selatan yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Halmahera Selatan, Eka Dahliani Usman bersama Wakil Ketua TP PKK Halmahera Selatan, Rifa’at Al Sa’adah melakukan studi tiru dan silaturahmi ke Kabupaten Gowa.

Rombongan ini diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan didmapingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (5/10).

pt-vale-indonesia

Ketua TP PKK Halmahera Selatan, Eka Dahliani Usman mengatakan, Kabupaten Gowa dianggap cukup unggul dalam penerapan 10 Program Pokok PKK di seluruh kecamatannya. Hal itulah yang menjadi tolok ukur memilih Gowa sebagai lokus studi tiru, guna mempelajari hal baru dari penerapan 10 Program Pokok PKK Kabupaten Gowa.

“Tujuan kami ke Kabupaten Gowa selain silaturahmi juga melakukan studi tiru terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Menurut kami PKK Gowa memiliki banyak prestasi sehingga ini menjadi tolok ukur Kabupaten Halmahera Selatan melakukan study tiru pada hari ini,” kata Dahliani.

Tidak hanya itu, studi tiru ini kata Dahliani juga merupakan salah satu manifestasi nyata dari semangat dan kebersamaan dan juga kerjasama antara PKK Kabupaten Halmahera Selatan dan PKK Kabupaten Gowa.

“Kita adalah bagian dari satu keluarga besar PKK sebuah organisasi yang memiliki misi mulia untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia, saat ini kita berkumpul untuk mengingatkan diri kita sendiri akan pentingnya kerjasama belajar dari satu sama lain dan saling mendukung dalam mencapai tujuan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyambut hangat kehadiran 45 orang rombongan PKK Kabupaten Halmahera Selatan ini.

Priska menuturkan, terkait penerapan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Gowa, pihaknya konsen pada penanganan penurunan angka stunting yang mana di Kabupaten Gowa berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar pada 2018 angka prevalensi stunting di Kabupaten Gowa sebesar 44,50 persen, kemudian pada 2021 turun menjadi 33 persen berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) dan stagnan pada 2022 hingga saat ini.

“Kalau kami disini kegiatannya tidak terlalu banyak tetapi mungkin yang paling difokuskan di Kabupaten Gowa ini masih pada penanganan penurunan angka stunting di Kabupaten Gowa. Tadinya kita stunting 44 persen dan sekarang turun jadi 33 persen dan ini masih berusaha di turunkan untuk bisa mencapai 14 persen target nasional,” jelas istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Priska berharap, dengan kedatangan Kabupaten Halmahera Selatan ke Kabupaten Gowa bisa menjadi pintu gerbang kerjasama dan kolaborasi demi kemajuan daerah masing-masing.

“Mudah-mudahan nantinya kita bisa sharing program kerja dan bisa kerja sama dengan PKK Halmahera Selatan di tahun-tahun kedepannya, dan mudah-mudahan ibu dan bapak kunjungannya berkenan di Kabupaten Gowa,” tambah Priska Adnan.

Rombongan juga berkesempatan mengunjungi pameran UP2K yang ada di Desa Jenelatallasa, Kecamatan Pallangga dan Museum Istana Balla Lompoa.(*)


BACA JUGA