Masyarakat Makassar Puji Pelindo Bantu Tata Lingkungan

Senin, 16 Oktober 2023 | 14:35 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui subholdingnya yaitu PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) menetapkan lokasi yang menjadi pemenang Lomba Penataan Lingkungan yang terdapat di sekitar Pelabuhan Makassar.

Sebelumnya, pada Agustus lalu, SPJM turut mengambil bagian dengan membantu 5 lorong wisata yang lokasinya dekat dengan pelabuhan. sebagaimana arahan Pelindo selaku Holding, diberikanlah bantuan penataan lingkungan di 40 area sekitar pelabuhan di 4 kota. Dilakukan di area ring 1 Pelabuhan Belawan (Medan), Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), dan Pelabuhan Makassar dimana setiap Regional dan SubHolding memilih masing-masing 5 lokasi per pelabuhan.

pt-vale-indonesia

Idham Arief selaku Lurah Malimongan mengatakan pihaknya di sini beserta warga sangat senang dan berterima kasih kepada Pelindo khususnya PT Pelindo Jasa Maritim atas kegiatan lomba lorong lingkungan sekitar Pelindo.

“Di mana kelurahan kami Malimongan menjadi pemenang dalam rangkaian HUT RI ke 78 lalu,” ujarnya.

Ia berharap, lomba yang diadakan oleh Pelindo Jasa Maritim kiranya di tahun-tahun mendatang membuat lomba serupa.

Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) bagian dari Pelindo Group juga membantu 5 lorong wisata yang terdapat di 5 kelurahan yang berbeda, yaitu Tallo, Butung, Ende, Pattunuang, dan Malimongan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Agustus lalu, salah satu lurah yang dikunjungi, Rusli, Lurah Butung Kecamatan Wajo juga menyambut dengan sukacita program ini.

“Bersama warga, kami sudah membersihkan, menata lorong dan mengecat, juga memilah sampah yang ada. Kebetulan di sini sudah ada bank sampah.”

Rusli membuat gapura yang sangat menarik yang lokasinya berada di ujung jalan raya, tepat di jalan masuk lorongnya.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar mengatakan bahwa pada tahapan ini Perusahaan menetapkan pemenang dari 5 lokasi yang berbeda untuk Lomba Penataan Lingkungan.

“Pemenangnya jatuh pada Kelurahan Malimongan,” katanya.

Lima lorong ini telah mendapat bantuan dari Perusahaan untuk kebutuhan penataannya. Tim dari SPJM pada tanggal 16 Agustus lalu telah melakukan penilaian atas realisasi penataan yang dilakukan masing-masing kelurahan. Yang terbaik dari mereka akan mewakili Makassar untuk mengikuti seleksi bersama dengan area atau kampung terbaik yang dijuga dibantu penataan dan seleksinya oleh para Subholding se-Pelindo.

Ada 4 kriteria yang menjadi penilaian dari penjurian lorong terpilih yang dilakukan di Makassar, meliputi administrasi, pengelolaan sampah dan lingkungan, penghijauan, kesemarakan lingkungan (gapura).

Untuk penilaian administrasi, aspek yang menjadi penilaian adalah adanya kelompok penataan lingkungan yang dilengkapi dengan dokumentasi kegiatannya.

Untuk penilaian pengelolaan sampah dan lingkungan, aspek yang dinilai adalah ketersediaan tempat sampah dari segi jumlah yang memadai serta terdapat tempat pengelolaan sampah.

Aspek penghijauan melihat apakah setiap rumah memiliki tanaman.

Selanjutnya aspek kesemarakan lingkungan (gapura) karena saat itu masih terkait dengan peringatan HUT RI Agustus lalu, dimana penilaian mencakup apakah setiap rumah mengibarkan bendera merah putih, pengecatan gapura dimana ada branding BUMN dan Pelindo Group, serta pernak-pernik yang turut menyemarakkan HUT RI seperti umbul-umbul dan aksesoris lainnya.

Dalam kesempatan itu, tim TJSL SPJM juga mengunjugi ke salah satu UMKM di Malimongan dan melihat proses batik cetak maupun tulis. Mereka adalah usaha kecil yang sarat potensi dan diharapkan dapat lebih berkembang di masa-masa yang akan datang. (*)

Tags:

BACA JUGA