Dirut SPJM Paparkan Optimalisasi SDM di Talkshow Universitas Airlangga

Senin, 23 Oktober 2023 | 16:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo Jasa Maritim bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Prasetyadi didapuk sebagai Narasumber dalam Talkshow yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga bertajuk “Act Nationally Think Globally: The Role of Human Resources Empowerment for Advanced Indonesia.”

Bertempat di Ruang Majapahit ASEEC Tower Universitas Airlangga, ia memberikan paparan tentang PT Pelindo Jasa Maritim dengan mengangkat sisi pengembangan kapabilitas dan kualitas SDM sebagai salah satu enabler yang perlu dilakukan untuk mendukung pencapaian visi Perusahaan.

pt-vale-indonesia

Turut Hadir dalam acara tersebut, Wakil Direktur Bidang Akademik Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Prof Rudi Purwono, Wakil Direktur Bidang Sumberdaya dan Informasi Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Prof Sri Pantja Madyawati, Wakil Direktur Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Digitalisasi dan Internasionalisasi Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Suparto Wijoyo, dan Koordinator Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga, Nuri Herachwati, beserta seluruh Dosen Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga.

Ketua Panitia, Tomi Basuki menuturkan tema ini mencerminkan semangat kita untuk mendorong peran Sumber Daya Manusia dalam mencapai kemajuan Indonesia dan berkontribusi secara global.

Selanjutnya, Wakil Direktur Bidang Akademik Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Prof Purwono menyebutkan bahwa think globally merupakan salah satu unsur penting khususnya dalam konteks sumber daya manusia dalam era 5.0 menuju Indonesia Emas 2045.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi pada sesi Talkshow ini menyebutkan time management dan Change Management pada pengelolaan sumber daya manusia merupakan dua hal penting. “Ini perlu menjadi perhatian kita bersama khususnya untuk menghadapi persaingan industri global,” ujarnya.

Hal lain yang disampaikan Prasetyadi dalam talkshow itu adalah peran SPJM dalam mengoptimalkan potensi SDM sektor maritim, termasuk dukungan terhadap dunia Pendidikan dengan menggelar beberapa program antara lain Magenta (Magang Bertalenta) untuk pelajar, mahasiswa, dan fresh graduate untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah. Selain itu ada rekruitmen bersama BUMN untuk disabilitas, dan program Pelindo Mengajar untuck menjelaskan peran BUMN Pelindo dalam rantai logistic perekonomian Indonesia.(*)


BACA JUGA