Vale Indonesia IGP Pomalaa Fasilitasi Talenta Lokal Pelatihan Keterampilan Pengoperasian Alat Berat

Senin, 06 November 2023 | 09:47 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

KOLAKA, GOSULSEL.COM – Dalam upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil khususnya yang ada di wilayah operasional, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa menggelar pelatihan pengoperasian alat berat bagi talenta lokal.

Pelatihan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Selasa (31/10/2023). Sebanyak 45 talenta lokal kabupaten Kolaka mengikuti pelatihan yang berlangsung selama enam pekan, dimana lima pekan difokuskan untuk teori, sedangkan sisa satu pekan lagi dimanfaatkan untuk latihan praktik di area ground training IGP Pomalaa.

pt-vale-indonesia

Pada pelatihan tersebut peserta diberikan materi teori pengoperasian alat berat, khususnya jenis excavator dan dump truck. Tak hanya teori untuk mengoperasikan alat berat, peserta juga diberikan materi esensial mengenai Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3), sesuai nilai PT Vale yang mengutamakan keselamatan adalah hal terpenting.

Project Director PT Vale Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa, Mohammad Rifai mengatakan, peserta diharapkan dapat memperoleh skill mumpuni dalam mengoperasikan alat berat, sekaligus memiliki pemahaman detail betapa pentingnya safety dalam beraktivitas.

“Kami tentunya berharap pelatihan yang diperoleh dapat meningkatkan skill peserta, apalagi materi yang diberikan memang sangat dibutuhkan di dunia kerja seperti di sektor pertambangan. Kami harapkan mereka bisa segera terserap tidak saja di proyek milik PT Vale, tapi juga perusahaan lainnya,” katanya.

Dia menuturkan, pada pelatihan alat berat ini perseroan membuka kesempatan bagi perempuan meningkatkan skillnya, dengan mengikutkan 22 calon operator perempuan.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen perseroan dalam menerapkan Diversity, Inclusion, and Equity (DIE) dengan menghargai keberagaman, keikutsertaan, dan kesetaraan.

“Kami membuka kesempatan bagi seluruh talenta lokal untuk bisa bergabung dengan PT Vale termasuk perempuan, dalam memajukan perusahaan. Perseroan tentunya hadir ingin meningkatkan kualitas hidup. Bersama,” tuturnya.

Salah seorang peserta Yuliana Rayah menyampaikan apresiasi pada PT Vale yang memberikan kesempatan ikut pelatihan alat berat. Bagi Yuliana Rayah, pelatihan tersebut sangat penting dalam mendukung karirnya kedepan.

“Ini baru pertama kali bagi saya mengikuti pelatihan operator. Saya berharap ada kelanjutan pelatihan yang lebih mendalam, sehingga kita ke depan dapat mendapat pekerjaan berbekal sertifikat dan pengalaman dari pelatihan ini,” tukasnya. (*)


BACA JUGA