Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar konferensi pers dalam rangka sukses meraih trofi emas dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) Award, berlangsung di lounge lantai 8 Rektorat Unhas, Jumat (17/11/2023)

Hebat! Unhas Sabet Tiga Penghargaan Tahun Ini

Jumat, 17 November 2023 | 22:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Hasanuddin (Unhas) menyabet tiga penghargaan tahun ini, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Ketiga penghargaan tersebut yaitu Anugerah Indikator Kinerja Utama (IKU), SDGs Action Award (Sustainable, Development, Goals), dan QS World University Rankings.

“Pertama baru saja 2 pekan lalu kita menerima Indonesia SDGs Action Award, itu ada 17 tujuan dan secara nasional lewat Bappenas melakukan penilaian untuk seluruh perguruan tinggi, pemerintah daerah seluruh kementerian dan lembaga itu dinilai oleh Bappenas, suatu tim dan di dalam penilaian itu ada ketegori perguruan dimana kita juga ikut,” kata Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof. Sumbangan Baja, saat ditemui di Gedung Rektorat Unhas, Jumat (17/11/2023).

pt-vale-indonesia

Ia menambahkan bahwa tahun ini Unhas berada di posisi kedua nasional dan mengalahkan seluruh universitas bergengsi dan besar di Indonesia, hingga memasuki final dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Penilaian akhir dari proses penentuan penerima penghargaan tersebut memakan waktu yang panjang. Selain itu, sistem validasinya juga bertahap.

“Pada akhirnya dua pekan lalu kita dianugerahi juga trofi posisi kedua nasional yang diserahkan langsung oleh menteri perencanaan pembangunan nasional kepala Bappenas dan kita menerimanya langsung,” ujarnya.

Selain itu, penghargaan kedua yang diraih tahun ini yaitu penganugerahan Indikator Kinerja Utama (IKU) terbaik keempat dari deretan universitas-universitas terbaik untuk kategori keseluruhan indikator kinerja.

“Bahwa Unhas salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki prodi dengan akreditasi nasional terbanyak dan tata kelolanya yang baik,” tuturnya.

Sementara itu, Unhas berada di tempat ke-11 nasional untuk QS World University Rankings. “Di tingkat dunia saat ini kita berada pada ranking 1000-1200. Jadi kita pada kategori 1000, jadi Unhas ini sudah masuk pada kategori dunia, dimana kalau kita memilih 1200 perguruan tinggi terbaik di dunia Unhas ada didalamnya,” tutupnya.(*)

Tags:

BACA JUGA