Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar konferensi pers dalam rangka sukses meraih trofi emas dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) Award, berlangsung di lounge lantai 8 Rektorat Unhas, Jumat (17/11/2023)

Unhas Raih Emas Anugerah SNI Award 2023

Jumat, 17 November 2023 | 23:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih penghargaan emas untuk kategori perguruan tinggi pada Penganugerahan SNI Award 2023 oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Jakarta, Kamis (16/11) malam.

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Sumbangan Baja mengatakan tahun ini Unhas menerima SNI Award Emas untuk 12 kategori perguruan tinggi. Menurutnya, pemghargaan ini berhasil diraih berkat penguatan pada tata kelola Unhas terutama manajemen mutu.

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah tahun ini kita naik peringkat luar biasa, dimana yang lalu-lalu itu upaya kita begitu keras kita hanya dinilai mendapat perak tapi pada tahun ini karena dilihat teman-teman bekerja dalam rangka memperkuat tata kelola kita di Unhas terutama terkait dengan manajemen mutu kita, kan yang dikelola SNI ini adalah mutu; mutu dari segala hal, mutu produk, mutu tata kelola, dan mutu manajemen, semua ini dinilai dan mereka ini sangat kredibel,” ujarnya, Jumat (17/11).

Adapun 7 kategori yang dinilai oleh dewan Juri SNI Award yaitu kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasi (proses bisnis), analisis dan peningkatan kinerja, serta hasil bisnis.

Secara nasional, Unhas juga baru saja menerima perankingan dari Kemendikbudristek, nomor 4 di Indonesia. Dimana, Unhas telah layak disebut sebagai universitas terbaik di Indonesia, dan bukan hanya di Indonesia Timur.

“Tentu saja dalam perjalanan ini bukan berarti mulus-mulus saja cukup banyak kendala yang kita hadapi baik itu tantangan-tantangan yang sifatnya external, PTNBH bertambah terus awalnya 7 menjadi 11 ini Unhas sudah masuk, kemudian masuk 16 dan sekarang 21 PTNBH yang diberikan kewenangan oleh pemerintah untuk otonomi, untuk melakukan segala kegiatannya secara otonomi baik itu akademik maupun non akademik keuangan,” tuturnya.

Selain itu, tantangan besar untuk mempertahankan capaian ini utamanya tantangan terhadap tata kelola universitas. Unhas berkomitmen dengan sungguh-sungguh supaya manajemen mutu dilakukan dengan baik oleh seluruh unit kerja, sehingga segala proses bisnis yang dilakukan bisa berjalan baik.

“SNI Award merupakan anugerah bagi kita semua. Warga Unhas juga senang dan merupakan suatu tantangan besar yang pertama untuk mempertahankan ini dan yang paling utama yang kita pikirkan adalah tantangan terhadap tata kelola universitas ini,” pungkasnya.(*)