Buka Rekerda IJTI Pengda Sulsel, Danny Pomanto: Jaga Informasi Produktif yang Kritis

Senin, 20 November 2023 | 13:07 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM–Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Sulsel di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, Sabtu, (18/11/2023).

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Rapat Kerja Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Sulsel saya buka dengan resmi,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya.

pt-vale-indonesia

Danny mengatakan dunia saat ini berada dalam sebuah kotak kamera yang bisa merekam banyak peristiwa, banyak informasi juga banyak klarifikasi.

Dan kemampuan televisi bukan saja kemampuan berita dan pesan yang begitu multi tetapi kekuatan klasifikasinya di era yang begitu bias hari ini.

Olehnya, lanjut dia, video itu menjadi bagian yang begitu kuat. Apalagi saat ini sudah ada Artificial Intelligence (AI) yang bisa membuat banyak rekayasa gambar, video, narasi atau suara.

Nah itu bisa direkayasa sehingga keaslian daripada itu, kata dia, hanya bisa dipahami olehnya ahlinya yakni teman-teman jurnalis tv.

“Maka tantangan kedepannya rumit dan kompleks harus jadi bagian misi IJTI untuk mengawal informasi dan pesan dari gambar-gambar yang diberitakan,” ucapnya.

Dia juga berharap IJTI terus menjaga informasi produktif yang kritis. Pasalnya tanpa kritikan pula orang tidak akan maju. “Jadi kata kuncinya, produktif, kritis dan adaptif,” harapnya.

Rapat Kerja Daerah IJTI Pengurus Daerah Sulsel ini mengangkat tema Membangun Kekompakan Menuju Kesuksesan. (*)


BACA JUGA