Dukung Palestina, Puluhan Jurnalis Makassar Gelar Aksi Solidaritas

Selasa, 28 November 2023 | 18:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Puluhan jurnalis di Kota Makassar menggelar aksi solidaritas untuk jurnalis di Gaza Palestina yang menjadi korban pembunuhan tentara Zionis Israel.

Puluhan Jurnalis yang tergabung dari beberapa media baik cetak, televisi, online hingga foto itu menggelar aksi di Jembatan Layang Flay Over, Makassar, Senin (27/11/2023) malam.

Aksi solidaritas jurnalis tersebut diinisiasi oleh sejumlah organisasi pers seperti Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Makassar, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Sulsel, Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Ruang Jurnalis Perempuan Sulsel.

Safril Rahmat selaku penanggungjawab aksi solidaritas tersebut menuturkan,
aksi solidaritas jurnalis ini digelar sebagai bentuk dukungan terhadap jurnalis yang bertugas di Jalur Gaza Palestina ditengah konflik perang antara Israel dan Palestina.

Selain itu kata dia, puluhan Jurnalis ini juga mendorong agar 57 jurnalis yang tewas serta hilangnya beberapa jurnalis lainnya pasca kejadian serangan di Gaza oleh Israel di bawa hingga ke Pengadilan Internasional.

“Kami mendesak mahkamah kejahatan internasional atau International Crime Court (ICC) mengusut dugaan kejahatan perang yang terjadi di Palestina,” ujarnya.

Dia menilai bahwa kejadian itu merupakan pelanggaran kemanusiaan, tidak hanya menewaskan anak-anak, perempuan, namun juga warga sipil lainnya.

Pada kegiatan aksi solidaritas ini juga beberapa jurnalis bergantian menyampaikan orasinya dan dukungan kepada kemerdekaan Palestina. Selain itu aksi teatrikal hingga pembacaan puisi juga dilakukan.

Aksi solidaritas ini juga bekerja sama dengan lembaga donasi yang melakukan penggalangan dana dan akan disalurkan kepada para korban perang di Jalur Gaza Palestina.(*)


BACA JUGA