Upaya PKK Gowa Cegah Kematian Ibu Hamil, Gelar Sosialisasi Penggerakan Kelas Ibu Hamil

Senin, 04 Desember 2023 | 07:57 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Dalam upaya mencegah kematian ibu hamil dan angka kematian bayi serta ibu bersalin dan angkat kematian bayi di kabupaten Gowa, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bekerjasama dengan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Penggerakan Kelas Ibu Hamil Tingkat Kabupaten Gowa di Aula Ruang Rapat RSUD Syekh Yusuf, Sabtu (2/12/2023).

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini tentunya sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gowa melalui TP PKK Gowa untuk meminimalisir masalah-masalah yang kerap kali dikeluhkan oleh ibu hamil.

“Kita ketahui bersama kalau ibu hamil itu sering kali banyak sekali keluhan-keluhannya, mulai dari trisemester pertama ada mual dan muntah, trisemester kedua Alhamdulillah sudah mulai sehat sudah mulai enak, cuman terkadang banyak sekali mitos-mitos yang ingin diketahui, larangan-larangan yang bersifat adat istiadat yang seringkali kita dengar ini bisa sekalian semuanya ditanyakan ke narasumber kita hari ini,” jelas Priska Adnan.

Lanjutnya, sosialisasi ini juga cukup penting bagi para ibu yang menjalani kehamilan pertama. Tentunya masih banyak sekali pengetahuan-pengetahuan yang harus digali terkait tentang cara menjalani kehamilan agar berjalan lancar hingga persalinannya.

“Pada sosialisasi ini ibu-ibu diberikan pengetahuan, dicerahkan dan juga dapat menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan ibu-ibu hamil terkait dengan masa kehamilan, masa menyusui dan juga proses bagaimana nanti kita menjalani kehamilan yang aman dan nyaman, ” tambah istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Sementara, Direktur Utama RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, drg Rahmawati Djalil mengatakan, melalui kelas ibu hamil ini, menjadi sarana untuk belajar tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi, serta penyakit-penyakit yang bisa menyertai pada ibu-ibu hamil.

“Begitu amat pentingnya kegiatan ini, sehingga diharapkan kepada semua ibu-ibu yang ada turut berpartisipasi dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan ini selain itu ibu-ibu hamil juga dapat menjalin silaturahim satu sama lain dan bisa menyampaikan juga kepada ibu-ibu hamil yang lain yang tidak sempat datang bahwa ada kelas ibu hamil yang diselenggarakan Baik itu oleh Dinas Kesehatan maupun ibu-ibu penggerak PKK Kabupaten Gowa,” ujar drg Rahmawati.

Dirinya juga berterima kasih karena sudah melibatkan RSUD Syekh Yusuf dalam kegiatan yang penuh manfaat ini.
“Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Rumah Sakit Syekh Yusuf untuk kegiatan ini,” tambahnya.

Peserta sosialisasi juga mendapatkan materi dari dokter spesialis Obgin dr Nasruddin A.M, Sp.OG, Subs. Obginsos, MARS, M.Sc. dan berkesempatan melakukan tanya jawab seputar kehamilan.

Kegiatan ini diikuti 42 ibu hamil dari Kecamatan Somba Opu secara offline dan ratusan lainnya di 18 Kecamatan Se-Kabupaten Gowa secara online melalui meeting zoom.(*)


BACA JUGA