Kadisdik Gowa Jelaskan Tujuan Pendidikan Holistik Dihadapan Puluhan Peserta Bimtek

Selasa, 05 Desember 2023 | 23:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Bimbingan Teknis PAUD Holistik Integratif (HI) dan juga Sosialisasi Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan yang berlangsung di Hotel Ramedo Makassar, Selasa (05/12/2023).

Sosialisasi sekaligus bimbingan teknis ini diikuti oleh puluhan pendidik dan 18 Bunda PAUD di Kabupaten Gowa.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan, pengembangan anak usia dini Holistik Integratif PAUD HI adalah upaya mengembangkan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar anak yang beragam dan saling terkait secara simultan dan terintegrasi.

“Tujuan pendidikan holistik adalah membantu mengembangkan potensi individu dalam suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menggairahkan demokratis dan humanis berjalan dengan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” kata Taufik.

Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dilaksanakan sebagai upaya untuk mendukung percepatan penurunan stunting maka Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa mengadakan Bimtek PAUD Holistik Integratif dan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Tujuan dan sasaran kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman kepada pendidik PAUD dan SD dengan harapan terjadi perubahan pada berbagai kegiatan di satuan pendidikan baik PAUD maupun SD,” ujarnya.

Dirinya berharap, satuan PAUD dapat melaksanakan layanan secara simultan sistematis menyeluruh terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif,” harapnya.(*)


BACA JUGA