Jelang Akhir Tahun, Komunitas Kesehatan Makassar Gelar Bakti Sosial Kota

Sabtu, 09 Desember 2023 | 22:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komunitas Kesehatan Makassar (Inhesty) bersama Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI) dan Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) serta volunteer dari berbagai jurusan kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan konsep Baksos Kota Vol. 1 yang berlangsung di Kampung Nelayan Kota Makassar.

Mengusung tema “Bersama Inhesy, Masyarakat Sehat, Indonesia Sejahtera”, Inhesty melaksanakan kegiatan baksos pada tanggal 3 Desember 2023. Inhesty dan kolaborator lainnya memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, edukasi kesehatan, pelayanan fisioterapi dan pemeriksaan gigi dan mulut.

pt-vale-indonesia

Bakti sosial ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat sekaligus implementasi dari ilmu kesehatan yang dimiliki oleh anggota Komunitas Kesehatan Makassar.

Selain itu, tujuan diadakan pemeriksaan kesehatan gratis ini untuk menyadarkan kembali masyarakat pentingnya melakukan pemeriksaan secara rutin agar terhindar dari penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia, hipereusemia, dan lain-lain.

Masyarakat juga dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit sedini mungkin. Sasaran pemeriksaan kesehatan ini untuk seluruh warga tanpa ada batasan usia.

Warga sangat antusias karena kegiatan seperti ini jarang dilaksanakan secara gratis dan biasanya pemeriksaan kesehatan seperti ini mereka dapatkan di pelayanan kesehatan yang berbayar.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan oleh Inhesty dan teman-teman organisasi, tentunya sangat menarik perhatian warga untuk memeriksakan kesehatannya. Saking antusiasnya dengan kegiatan ini, masyarakat banyak yang tidak dapat tempat duduk dan harus berdiri menunggu antriannya untuk periksaan kesehatan.

Ketua Panitia Baksos Kota Vol.1, Dheny Anungrah J mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan baksos kota perdana di Makassar.

“Kegiatan kita kali ini juga merupakan kegiatan perdana kami yang kami lakukan di kota Makassar, tepatnya Desa Tallo,” jelasnya.

Adapun beberapa item dari kegiatan ini meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pelayanan fisioterapi, pemeriksaan gigi dan mulut, pemberian bingkisan ke anak kecil dan kegiatan lainnya.

“Saya berharap kegiatan ini nantinya dapat berkelanjutan pada volume-volume selanjutnya, dan juga Insyaa Allah lelahnya teman-teman relawan kali ini nantinya akan menjadi lillah di kemudian hari,” tutup Dheny.(*)