Universitas Bosowa Jadi Pilot Project Program Budidaya Pisang Pj Gubernur Sulsel

Sabtu, 09 Desember 2023 | 20:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) menjadi pilot Project dalam program budidaya pisang yang diinisiasi oleh Pj Gubernur Sulsel, Bachtiar Baharuddin.

Unibos dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Sultanbatara memulai program ini dengan melakukan penanaman pisang di lahan Fakultas Pertanian Unibos, Desa Bontoramba, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sabtu (09/12/2023).

Hadir dalam kegiatan ini dan melakukan penanaman yakni Founder Bosowa, Aksa Mahmud, Pj Gubernur Sulsel, Bachtiar Baharuddin, dan Rektor Unibos, Prof Batara Surya. Turut dihadiri pihak PTS se-Sultanbatara dan pihak perbankan.

Unibos menyiapkan lahan seluas 3 hektare untuk budidaya pisang jenis Cavendish. Di lahan itu, sekitar 6000 pohon pisang cavendish akan ditanam.

Founder Bosowa, Aksa Mahmud mngapresiasi program dari Pj Gubernur Sulsel. Ia optimis pisang mendongkrak ekonomi dan dikenal di dunia.

“Satu gerakan yang luar biasa, mudah-mudahan dengan gerakan menanam pisang ini Sulsel nanti akan ikut bicara tentang pisang (di dunia),” katanya.

Ia menambahkan, “Ini kita akan jadikan provinsi penghasil pisang, dan menjadi satu provinsi yg menjadi pengekspor pisang di Indonesia.”

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bachtiar Baharuddin menargetkan bisa menanam 500.000 pohon pisang cavendish. Dengan begitu, Indonesia bisa menjadi negara terbesar pengekspor pisang.

“Filipina itu 450.000, kita kalau sudah 500.000 sudah menjadi nomor satu. Makanya kalau ada satu hektare lahan itu bisa ditanami lebih 1000 pohon pisang,” ujarnya.

Bahtiar Baharuddin menyampaikan apresiasi kepada Founder Bosowa, Aksa Mahmud. Di mana sudah membantu dalam mensukseskan program ini.

“Orang tua kita selalu menghibahkan diri dan waktunya untuk membimbing kita. Itu tandanya pempimpin, pemimpin kita semua. Termasuk pemimpin Pj Gubernur yang sekarang,” tutup Bahtiar.

Terakhir, Rektor Unibos, Prof Batara Surya mengatakan budidaya pisang selanjutnya akan dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian.

“Pengawalannya nanti mahasiswa jadi prakteknya kan ada namanya program Merdeka Belajar,” katanya.

Ia pun berharap sinergitas ini akan terus berjalan. Sehingga program budidaya pisang ini terus berlanjut Z.

“Saya yakin Pemprov Sulsel akan senantiasa berkolaborasi dengan Unibos, saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan dalam proses ini ada nilai manfaat bagi masyarakat dan negara,” tukasnya.(*)