Gowa Raih Predikat “Menuju Informatif” Pada Monev Keterbukaan Informasi Publik 2023

Kamis, 21 Desember 2023 | 16:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil meraih predikat “Menuju Informatif” pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berlangsung di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu (20/12/2023) malam.

Penghargaan ini diterima langsung Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania dan diserahkan oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin.

pt-vale-indonesia

Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan, capaian tersebut sangat luar biasa bagi Kabupaten Gowa, mengingat di tahun 2021 Gowa sempat meraih predikat Cukup Informatif. Kemudian di tahun 2022 predikat tersebut turun menjadi Tidak Informatif, hingga di tahun 2023 ini Pemkab Gowa membuktikan Keterbukaan Informasi Publik mampu meraih predikat Menuju Informatif.

“Alhamdulillah, selamat kepada Pemerintah Kabupaten Gowa khususnya kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati atas pencapaian ini,
selangkah lagi kita akan menuju ke predikat Informatif. Untuk itu tahun depan semua perangkat dan seluruh yang terlibat khususnya Dinas Kominfo Gowa mampu membina dan mempersiapkan data-data yang dibutuhkan untuk kita bisa lebih baik lagi di tahun yang akan datang,” kata Pj. Sekda Gowa.

Selain penghargaan Kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota, Kabupaten Gowa juga meraih penghargaan Kategori Badan Publik Desa pada Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu dengan predikat Informatif dengan nilai 93,17.

“Untuk Desa Pakatto, alhamdulillah meraih predikat Informatif tapi ini sudah merupakan lonjakan yang cukup luar biasa, intinya ini sudah mencapai Informatif artinya bahwa mempertahankan itu lebih susah dari pada meraih. Jadi sekali lagi itu harus dipertahankan dan tetap menjadi informatif bahkan ke depan harus lebih baik lagi,” tutur Karim yang juga Kepala BPKD Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Desa Pakatto, Basir mengatakan, penghargaan tersebut diraih Desa Pakatto tidak lepas dari kerja sama yang baik antara semua Stakeholder yang ada di desa kami beserta masyarakat juga,” ungkapnya.

Basir menambahkan, penghargaan ini ia dedikasikan untuk seluruh staf, masyarakat dan juga Pemerintah Kabupaten Gowa yang tidak lelah bekerjasama dan berkolaborasi sehingga seluruh indikator itu bisa tercapai.

“Ke depan kami akan terus membuat inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kualitas layanan kami. Kemudian setiap Senin juga kami lakukan Coffee Morning membahas apa saja yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan pada minggu berikutnya, sehingga semua kinerja bisa berjalan dengan baik, pungkasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mengapresiasi kepada seluruh pelayan publik dan pemerintah daerah yang telah berhasil meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik.

Bahtiar berharap ke depan, Komisi Informasi Provinsi Sulsel tidak hanya mengumumkan kabupaten/kota dengan kategori keterbukaan informasi publik yang cukup, menuju informatif, dan informatif, tetapi juga yang nilainya rendah atau tidak informatif.

“Karena ini bagian dari perbaikan tata kelola pemerintahan. Khususnya dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan inklusif sehingga ke depan saya minta bukan hanya lima sepuluh terbaik, lima sepuluh terburuk juga tulis. Umumkan saja yang buruk-buruk biar kita punya pembanding supaya yang terburuk ini bisa evaluasi diri,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Pj. Sekda Gowa menerima penghargaan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muh Basir dan Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa, Widiah Restuti Hasan.(*)


BACA JUGA