Adnan Sebut Peran Bawaslu Sangat Penting dalam Keberhasilan Pemilu 2024

Senin, 12 Februari 2024 | 19:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Memasuki masa tenang jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada 14 Februari 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Gowa yang diikuti ratusan Pengawas TPS (PTPS) di GOR Sungguminasa, Senin (12/02/2024).

“Saat ini kita telah memasuki masa tenang karena dua hari lagi akan menghadapi pesta demokrasi yaitu pemilihan presiden, pemilihan legislatif dari seluruh tingkatan baik DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan juga DPRD kabupaten/kota sehingga pengawasan betul-betul harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dan itu merupakan salah satu tugas Bawaslu bersama PTPS dan jajaran,” ungkapnya.

Kendati demikian, Adnan menyebut dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu mendatang, bukan hanya tugas Bawaslu, namun menjadi tugas bersama termasuk pemerintah, Forkopimda, KPU dan seluruh pihak yang ada, sehingga kolaborasi seluruh instansi sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kesuksesan Pemilu.

“Kita semua memiliki kontribusi agar Pemilu ini berlangsung dengan baik lancar dan sesuai dengan harapan yang ada khusunya dengan mencapai partisipasi pemilih yang tinggi diatas capaian Pilkada 2020 kemarin yaitu diatas 79 persen,” jelasnya.

Dia berharap pada Pemilu 2024 ini partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa mampu mencapai 80 persen sebagai salah satu bentuk keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilu, terlebih Kabupaten Gowa telah menorehkan sejarah pada Pilkada 2020 dengan mencapai 79 persen partisipasi pemilih atau diatas target nasional.

“Peningkatan partisipasi pemilu bukan hanya tugas kami, tapi juga tugas kita semua yang diawasi oleh Bawaslu. Jika partisipasi pemilih kita lebih dari 80 persen maka tingkat demokrasi di wilayah Kabupaten Gowa ini semakin baik dan semakin meningkat. Begitupun di setiap TPS yang ada semoga ketika diakumulasi secara keseluruhan angka partisipasi pemilih kita lebih dari 80 persen,” harapnya.(*)


BACA JUGA