Partisipasi Pemilih Gowa di Atas 80 Persen, KPU Sebut Pertama Dalam Sejarah

Minggu, 10 Maret 2024 | 15:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa pada Pemilu 2024 lebih dari 80 persen. Hasil rekapan pemilih ini disampaikan pada pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten.

Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul mengatakan bahwa, hal ini pertama kali dalam sejarah pemilihan di Kabupaten Gowa yang tingkat partisipasi pemilihnya lebih dari 80 persen.

pt-vale-indonesia

“Pertama kali dalam sejarah penyelenggaraan pemilihan, baik itu Pemilu, Pilpres, Pilbup, Pilgub, atau Pilkada di Kabupaten Gowa yang tingkat partisipasi pemilihnya lebih dari 80%,” ujarnya, Minggu (10/3/2024).

Menurut dia, hal itu tidak lepas dari kerjasama dan kerja keras seluruh stakeholders terkait, baik itu penyelenggara pemilu, pemerintah, TNI/Polri, rekan-rekan media, ormas, OKP, dan seluruh masyarakat Kabupaten Gowa tanpa terkecuali.

Angka 80 persen ini bisa dicapai karena beberapa faktor. Kata Fitra Syahdanul, secara garis besar, pemilih di kabupaten Gowa itu terbagi menjadi dua bagian besar.

Pertama anak muda, kedua ada orang-orang tua yang jumlahnya hampir sama besar, masing-masing 50%.

“Sehingga sejak awal, ada dua metode yang kita jalankan secara bersamaan, yaitu pendekatan modernistik khusus untuk gen z dan gen milenial, kemudian pendekatan kedua kita sebut kulturalistik yang menyesuaikan dengan budaya euforia pemilu selama ini masyarakat lokal,” jelasnya .

“Kedua pendekatan itu kita jalankan dengan menggandeng banyak pihak, mulai dari rekan-rekan media lewat beragam program, pemerintah, TNI/Polri, Ormas Keagamaan, Kepemudaan, serta stakeholder sosial lainnya yang memiliki kekuatan komunitas yang kuat,” tukasnya. (*)

Tags:

BACA JUGA