Dewan Juri dan Ketua Yayasan Madrasah Arifah Gowa berpose bersama pada pembukaan Semarak Ramadan

Ratusan Peserta Antusias Ikuti Berbagai Lomba Semarak Ramadan Arifah Gowa

Sabtu, 30 Maret 2024 | 20:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Semarak Ramadan ke-4 Madrasah Arifah Kabupaten Gowa resmi dibuka pada Kamis (28/03/2024) sore.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Madrasah Arifah Gowa, Ilham Ari Fauzi, ST. Pembukaan juga dihadiri oleh Direktur Madrasah Arifah Gowa, Dr. H. Muh. Nurdin, B.M.Si, Wakil Direktur I, Mas’ud Kasim, S.Pd, M.Pd, dan Wakil Direktur II, Muzakkar, L.c. M.M.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, Ilham Ari Fauzi menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya lomba Semarak Ramadan untuk mengisi suasana bulan suci Ramadan dengan agenda-agenda positif yang bisa menambah ibadah dan ketakwaan kepada Allah.

Kemudian lanjut dia, tujuan lainnya agar kegiatan semarak Ramadan ini menjadi ajang untuk melatih dan membandingkan hasil latihan para peserta selama ini, agar diakhir acara, terlepas dari siapa yang juara, ilmu-ilmu tersebut bisa lebih disempurnakan lagi.

Ilham Ari Fauzi juga bersyukur melihat antusias peserta yang begitu tinggi mengikuti Semarak Ramadan Arifah Gowa.

“Kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala bahwa Semarak Ramadhan diminati oleh khalayak umum. Kita Insya Allah ingin memurnikan pelaksanaan ini agar Ilmu Al-Qur’an dan Islam semakin diagungkan terlebih di bulan Ramadan ini,” ujarnya.

“Naiknya minat masyarakat tentunya kita kembalikan lagi kepada Allah yang membukakan hati-hati para peserta, yg cinta dengan agama ini, bisa tergerak untuk bersilaturahmi ke Madrasah Arifah,” sambungnya.

Untuk itu, Ilham Ari Fauzi berharap sekolah atau organisasi lain bisa mengadakan kegiatan serupa, agar umat muslim selalu disibukkan dengan hal-hal yang bisa menyiarkan agama islam ini.

Terutama menurut dia untuk menyiapkan penerus-penerus generasi muda islam yang kokoh ilmu dan keyakinannya.

“Di sisi lain, kami juga ingin menjadi organisasi/madrasah yang terdepan dalam seluruh agenda-agenda positif, agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat umum,” harapnya.

Foto: Antusiasme peserta mengikuti kegiatan Semarak Ramadan Arifah Gowa

Sementara itu, Ketua Panitia Semarak Ramadan Arifah, Muzakkar, L.c. M.M, menuturkan bahwa peserta sangat antusias untuk mengikuti berbagai lomba pada kegiatan Semarak Ramadan Arifah Gowa.

Hal itu terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan Semarak Ramadan tahun ini mencapai 576 peserta.

“Jumlah peserta sebanyak 576 orang. Peserta berasal dari 4 wilayah Kabupaten/Kota. Yaitu Takalar, Gowa, Kota Makassar dan Maros,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan lomba akan dilaksanakan selama 4 hari sejak dibuka pada Kamis 28 Maret dan akan ditutup pada Minggu 31 Maret 2024.

“Untuk cabang lomba itu mulai dari Majelis Ceramah Tingkat SMP/Mts dan MA/SMA, Majelis Hifsil 1 dan 5 Juz batas usia 1 juz 13 tahun 5 juz 18 tahun. Hifsil 10, 20 dan 30 juz. Batas usia 10 juz 20 tahun, 20 juz umur 22 tahun, dan 30 juz umur 25 tahun,” katanya.

Lanjut dia, ada juga lomba Majelis Adzan tingkat SD dan SMP, Majelis tilawah tingkat remaja, Majelis Tartil Anak-anak, dan Majelis Kasidah untuk umum.

“Alhamdulillah pihak pelaksana kegiatan lomba dalam hal ini Yayasan Madrasah Arifah Gowa menyiapkan hadiah puluhan juta bagi setiap pemenang,” ungkapnya.(*)