Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni saat melaksanakan Tarwih bersama sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur’an, di Masjid Besar Baiturahim, Kecamatan Parangloe, Minggu (31/02/2024) malam

Peringati Nuzulul Qur’an Bersama Warga, Wabup: Implementasikan Nilai-nilai Al-Qur’an Lewat Peningkatan Keimanan

Senin, 01 April 2024 | 22:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni, mengatakan momentum peringatan Nuzulul Qur’an dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas keimanan kita.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Gowa saat melaksanakan Tarwih bersama sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur’an, di Masjid Besar Baiturahim, Kecamatan Parangloe, Minggu (31/02/2024) malam.

pt-vale-indonesia

“Melalui peringatan ini saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Gowa, khususnya masyarakat Kecamatan Parangloe untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an,” katanya.

Malam Nuzulul Qur’an adalah malam yang penuh berkah, dimana Al-Qur’an menjadi panduan utama bagi umat islam. Al-Qur’an diibaratkan sebagai lebah yang mengumpulkan esensi dari berbagai sumber.

“Al-Qur’an adalah kitab terakhir yang diwahyukan oleh Allah SWT di dunia, sebagaimana Nabi kita adalah Nabi yang terakhir,” katanya.

Lanjutnya, berbagai upaya nyata Pemerintah Kabupaten Gowa dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalam Al-Qur’an bagi umat Islam. Salah satunya dengan memprogramkan Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah yang rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi.

“Kita juga melakukan kerjasama dengan Quantum Akhyar untuk meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan para imam, baik imam masjid, imam desa dan kelurahan, maupun imam dusun dan lingkungan,” ungkap Karaeng Kio, sapaan akrab Wabup Gowa.

Selain itu, upaya lain yang saat ini yang menjadi kebanggan Pemerintah Kabupaten Gowa adalah pembangunan pendidikan generasi muda melalui Program Mahasantri.

“Di lembaga ini para santri menghafal Al-Qur’an dengan tahsin yang baik yaitu suatu kaidah Tajwid. Namun keunggulan program ini kita bukan hanya menjadi penghafal, mereka juga diajari memahami Al-Qur’an oleh dosen-dosen dari UIN Alauddin Makassar. Bahkan mereka juga diajari tafsir Al-Qur’an, sesuai program studinya yakni Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Usluhuddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar,” jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, Forkopimda Gowa dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(*)