Jelang Lebaran 2024, Forkopimda Maros Sidak Pasar Tramo

Kamis, 04 April 2024 | 15:18 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Bupati Maros Chaidir Syam pimpin forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) melakukan sidak di pasar Tramo, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros.

Sidak ini dilakukan untuk mengecek kondisi harga kebutuhan pokok jelang hari lebaran. Kamis (4/42024).

pt-vale-indonesia

Hasilnya, Chaidir Syam dan rombongan menemukan sejumlah harga kebutuhan yang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

“Ada kenaikan sekitar Rp 10 ribu perkilogram. Dari Rp 30 ribu jadi Rp 40 ribu,” kata Chaidir.

Demikian juga untuk cabai keriting, dari harga Rp 30 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Berbeda dengan Cabai besar yang sampai saat ini masih normal.

Kebutuhan lain seperti telur ayam juga mengalami kenaikan harga sebesar Rp 5 ribu. Sementara untuk beras mengalami penurunan harga dari Rp 18 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

Chaidir mengklaim bahwa kenaikan harga sejumlah komoditas ini merupakan efek dari perubahan cuaca saat ini. Dimana produksi petani mengalami penurunan sementara permintaan cukup tinggi menjelang lebaran.

“Untuk mengendalikan harga pasar kami akan kembali menggelar operasi pasar dibeberapa titik termasuk di area lapangan Pallantikang, kompleks kantor Bupati Maros,” ucapnya.

Selain mengecek harga komoditi, Chaidir juga melakukan pengecekan kesehatan untuk dagangan olahan daging. “Kita harus pastikan bahwa yang akan dikomsumsi masyarakat kita adalah aman dan bergizi. Bukan yang mengandung boraks dan sejenisnya,” tutup Chaidir.


BACA JUGA