Lewat InFest Talkshow, DJPPR Pahamkan Anak Muda Makassar Terkait Literasi Keuangan

Rabu, 08 Mei 2024 | 20:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menggelar InFest Talkshow di Bikin Bikin Creative Hub Nipah Mall, Makassar, Selasa (08/05/2024).

Talkshow ini hadir dalam rangkaian kegiatan InFest 2024 (Inclusive Festival) di Makassar. Tema yang diangkat adalah ‘Peran APBN dalam Pembangunan, Pengembangan UMKM dan Industri Kreatif’.

pt-vale-indonesia

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak generasi muda Makassar untuk menjadi bagian dari generasi literasi yang sadar risiko keuangan dan investasi.

Selain itu, mampu meningkatkan literasi mengenai peran strategis APBN dalam pembangunan di wilayah Makassar, khususnya bagi UMKM dan industri kreatif.

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan tercipta pemahaman yang lebih luas tentang pengelolaan APBN, literasi keuangan, serta partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan APBN secara maksimal bagi pembangunan yang inklusif.

Pada kesempatan ini juga, menjadi bagian dari pengenalan instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel Seri Sukuk Tabungan ST012 yang sedang ditawarkan kepada masyarakat mulai 26 April sampai Mei 2024.

Dikemas dengan konsep bincang santai, acara tersebut dibawakan oleh Indri Wijaya dan menghadirkan Sekretaris DJPPR Ubaidi Socheh Hamidi serta Direktur Pembiayaan Publik dan Pengembangan Proyek PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Faaris Pranawa.

Talkshow ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan negara dan pilihan investasi SBN Ritel sebagai solusi kebutuhan investasi keuangan yang ideal bagi anak muda terutama di industri kreatif.

“Jadi pejuang literasi juga salah satu cara berperan dalam pembangunan,” jelas Ubaidi.

Selain itu, melalui SBN Ritel juga sekaligus berkontribusi aktif membangun negeri karena dana investasi SBN Ritel dimanfaatkan membiayai pembangunan nasional termasuk proyek infrastruktur publik.

Dengan adanya Talkshow ini, generasi muda Makassar diharapkan dapat memahami dengan lebih baik seputar pengelolaan pengelolaan keuangan dan investasi yang berdampak positif dalam mendukung terbangunnya iklim investasi di Indonesia.

InFest merupakan sebuah event inklusif yang diselenggarakan DJPPR tentang literasi keuangan sebagai wadah bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan diri dan belajar bersama seputar pengelolaan APBN khususnya pengelolaan keuangan dan risiko dalam rangka mewujudkan kultur investasi yang baik di Indonesia.

Kegiatan InFest ini diharapkan dapat mendukung perluasan basis investor dalam mendukung terbangunnya iklim investasi di Indonesia khususnya bagi generasi muda.

InFest, yang diselenggarakan sebagai event inklusif, dengan fokus utama pada literasi keuangan, menjadi wadah inspiratif bagi generasi muda Indonesia.

InFest memfasilitasi mereka untuk belajar dan mengikuti perkembangan seputar pengelolaan APBN, terutama dalam pengelolaan pembiayaan dan risiko yang dilakukan oleh Pemerintah dan bagaimana Pembiayaan APBN dimanfaatkan secara produktif.(*)