Pemkab Gowa-Bulog Salurkan 54.800 Kg Beras di Kecamatan Somba Opu

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:14 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Perum Bulog Cabang Makassar kembali menyalurkan beras bantuan pangan tahap 2 tahun 2024, program dari Presiden RI, Joko Widodo. Bantuan ini ditujukan kepada masyarakat di Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, pada Kamis (16/5/2024).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, yang langsung melepas bantuan pangan ini, menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kabupaten Gowa. “Semoga dengan program ini mampu meringankan beban dari seluruh masyarakat atau saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari kita semua,” kata Adnan.

pt-vale-indonesia

Adnan menjelaskan bahwa program bantuan pangan ini merupakan upaya untuk mengantisipasi dampak el Nino yang telah menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah Indonesia dan mengganggu produksi pertanian, khususnya beras. “Oleh karena itu, pemerintah pusat Bapak Presiden mencanangkan sebuah program yaitu bantuan pangan. Bantuan pangan itu inilah yang disalurkan kepada masyarakat yang menjadi penerima bantuan pangan,” jelas Adnan.

Selain itu, Adnan menegaskan bahwa bantuan pangan ini bukan merupakan bantuan politis, mengingat saat ini adalah tahun politik. “Masa membantu masyarakat dianggap sebagai bantuan politis, tidak boleh. Ini bantuan untuk masyarakat yang dianggap kurang mampu,” tegasnya.

Pemimpin Cabang Bulog Makassar, Karmila Hasmin Marunta, menambahkan bahwa dalam penyaluran bantuan pangan tahap 2 ini, pihaknya menyalurkan sebanyak 54.800 kg beras untuk seluruh kelurahan di Kecamatan Somba Opu. “Untuk Kecamatan Somba Opu pagunya 54.800 kg per bulan. Kami berharap masyarakat tidak khawatir. Karena BULOG bersama pemerintah daerah terus ada dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat,” ujarnya.

Salah seorang warga Kecamatan Somba Opu, Winda, merasa bersyukur dengan adanya bantuan ini. “Ini lumayan membantu kebutuhan sehari-hari terus saya berharap lebih seringlah ada bantuan seperti ini,” ucapnya.(*)


BACA JUGA