Pemkab Gowa Jadi Pemerintah Teraktif Penyelenggaraan Reforma Agraria 2023

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:18 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Kabupaten dengan Kontribusi Teraktif dalam Penyelenggaraan Reforma Agraria Tahun 2023. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam acara Rapat Koordinasi Gugus Tugas Agraria Provinsi Sulsel Tahun 2024 di Hotel Claro Makassar, Kamis (16/5).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyatakan bahwa penghargaan ini adalah hasil dari dukungan penuh Pemkab Gowa terhadap kegiatan reforma agraria di wilayahnya. “Ini adalah bukti dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa bagaimana mendukung akses terhadap layanan masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum terhadap objeknya melalui Dinas Perkimtan Kabupaten Gowa kolaborasi BPN Kabupaten Gowa,” ungkap Adnan.

pt-vale-indonesia

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil BPN/ATR Sulsel, Tri Wibisono, menjelaskan bahwa pada tahun 2023 pihaknya telah melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan redistribusi lahan sebesar 48 ribu lebih bidang. Ini merupakan capaian terbesar di Indonesia, dan tahun ini pemerintah pusat kembali memberikan target 45 ribu lebih bidang. “Prioritas redistribusi adalah kawasan hutan sebanyak 13.800 bidang yang diharapkan di Sulsel bisa sukses,” ujarnya.

Selain Bupati Gowa, kepala daerah lain yang menerima penghargaan serupa adalah Bupati Luwu Utara, Bupati Maros, Bupati Bone, dan Bupati Wajo.(*)


BACA JUGA