Puncak 1 Dekade ADUJAK Sulsel 2024 Sukses Digelar

Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Puncak perhelatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre (ADUJAK) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2024 digelar di Hotel Swiss Bellin Makassar, Selasa (21/05/2024).

Kegiatan ini merupakan ajang yang sangat ditunggu bagi seluruh Genrengers Sulawesi Selatan. Tahun 2024 menjadi momentum 1 dekade dari perhelatan akbar Adujak Sulsel.
Apresiasi Duta kali ini diikuti oleh 21 Kabupaten Kota. Selain kategori Duta, juga dilaksanakan Jambore Ajang Kreatifitas Genre dengan beberapa perlombaan diantaranya Meaningful Youth Participation (MYP) dimenangkan oleh FC FGI Kabupaten Maros, Implementasi Modul Tentang Kita dimenangkan oleh FC FGI Kabupaten Tana Toraja, INI Genting kerja sama dengan (Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) dimenangkan oleh FC FGI Kabupaten Maros dan Forum Genre Terbaik dimenangkan oleh FC FGI Kabupaten Bone.

pt-vale-indonesia

Malam Grand Final Adujak Sulsel Tahun 2024 dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Shodiqin, SH, MM, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI Dr. Edi Setiawan, S.Si, M.Se, M.Sc, Bupati/Wali kota dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, OPD TK Provinsi dan OPD KB Kabupaten/Kota dan Ketua Umum Forum Genre Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur Bina Ketahanan Remaja, Edi Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada remaja yang telah melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi bersama BKKBN dalam mempersiapkan remaja menggapai masa depannya.

“ADUJAK ini adalah kerjasama MYP antara BKKBN Provinisi dengan pengurus Forum Genre Sulsel karena acara ADUJAK Provinsi Sulawesi Selatan ini adalah acara yang ke-5 diantara provinsi-provinsi yang ada di Indonesia yang sudah melaksanakan acara yang sejenis. ini merupakan komitmen yang luar biasa dari perwakilan BKKBN untuk memfasilitasi pergerakan dari remaja Sulsel,” ungkap Edi.

Pada malam Apresiasi Duta Genre, fiinalis Toraja Utara meraih Juara I Duta Genre Putra disusul Kota Parepare sebagai Juara II, Kabupaten Takalar sebagai Juara III dan Duta Advokasi Terbaik diraih oleh Kabupaten Barru. Untuk kategori Duta Genre Putri Juara I diraih oleh Kota Parepare, Juara II Kabupaten Maros dan Juara III diraih Kota Makassar, dan Juara Advokasi Terbaik diraih oleh Kabupaten Bulukumba.

Pemilihan Duta Genre bukan ajang untuk menunjukkan kehebatan dan berhenti sampai di nobatkan menjadi pemenang, namun bagaimana duta bisa memberikan edukasi ke remaja dan kontribusi kepada masyarakat selama menjabat sebagai duta.

Kegiatan ADUJAK diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan kualitas program Bangga Kencana dan khususnya melalui peran Duta pencegahan stunting dari hulu dapat berhasil dan mampu menekan angka stunting di Sulawesi Selatan secara signifikan.(*)