Kemenkumham Sulsel Punya Gedung Baru, Diresmikan Langsung Yasonna Laoly

Jumat, 14 Juni 2024 | 20:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Indonesia, Yassona L Laoly, hadir untuk meresmikan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Selatan, Jumat (14/06/2024).

Yassona mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi pemerintah daerah hingga seluruh stakeholder yang terlibat dalam pembangunan gedung kantor baru ini.

pt-vale-indonesia

“Terima kasih atas bantuan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Wali Kota Makassar atas dukungan dan bantuannya. Sehingga gedung kantor ini bisa kita selesaikan,” kata Yassona menjelang peresmian.

Yassona mengungkapkan, bahwa sejak dibangunnya Kantor Wilayah Kanwil Sulsel  tahun 1982 yang awalnya bernama Departemen Kehakiman Sulawesi Selatan dan Tenggara, telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan dalam menjalankan fungsi pelayanan, pembangunan dan perlindungan hukum serta hak asasi manusia.

Yassona menambahkan, bahwa gedung baru ini akan menjadi yang terbesar untuk Kantor Wilayah Hukum dan HAM di Indonesia.

“Saya kira ini akan menjadi kantor terbesar, kantor wilayah Hukum dan HAM,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi arsitektur gedung tersebut karena dinilai memiliki interior yang tak biasa, dikarenakan setiap lantainya memiliki akses eskalator untuk mempermudah pelayanan.

“Sebagai Menkumham, (saya) mengapresiasi dan sangat nyaman, karena hanya kantor ini yang punya eskalator. Biasanya pakai lift,” terangnya.

“Kita harapkan dapat dirawat nanti dengan baik, biaya pemeliharaannya baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Sulsel, Liberti Sitinjak mengatakan, bahwa pembangunan gedung yang beralamat di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar tersebut menelan anggaran sebesar Rp49,7 miliar dan berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemenkumhan.

“Adapun anggaran untuk tahun 2023, Rp25.199.480.000. Sedangkan 2024 dikucurkan Rp24.581.240.000 miliar,” terangnya.

Liberti menambahkan, bahwa pembangunan gedung kantor baru tersebut masih akan dilanjutkan untuk tahap kedua.(*)


BACA JUGA