PKK Barombong Luncurkan Inovasi Posyandu Ramah Anak

Selasa, 09 Juli 2024 | 18:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bermula dari sulitnya membujuk anak-anak datang ke Posyandu, membuat Tim Penggerak PKK Kecamatan Barombong menciptakan Inovasi Posyandu Ramah Anak (Posrana) yang diterapkan di seluruh Desa/Kelurahan.

Ketua TP PKK Kecamatan Barombong, Hariyanti mengatakan, inovasi Ini sudah berjalan sejak awal tahun 2024. Inovasi ini kata Harianty terinspirasi dari curhatan para ibu yang kesulitan membujuk anaknya untuk datang ke Posyandu.

pt-vale-indonesia

“Usai mendengar keluh kesah para ibu, kami pun memfasilitasi setiap Posyandu, setelah difasilitasi dengan disiapkan alat-alat permainan alhamdulillah anak-anak semakin antusias dan tidak ada lagi yang rewel kalau datang ke Posyandu, karena sekarang sudah banyak permainannya,” kata Hariyanti disela-sela kunjungan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) TP PKK Kabupaten Gowa di Desa Moncobalang, Senin (08/07/2024).

Lebih jauh Hariyanti menjelaskan, tujuan utama inovasi Posrana dibentuk adalah untuk memberikan pembelajaran serta permainan yang menawarkan pendidikan dan permainan menyenangkan bagi anak-anak di Posyandu.

“Program ini memberikan peluang bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal melalui kegiatan yang menarik dan interaktif. Kegiatan ini juga berdampak positif pada tingkat kunjungan sasaran di Posyandu,” ujarnya.

Dengan hadirnya Fasilitas bermain di setiap Posyandu, khususnya di Desa Moncobalang, berhasil membuat anak-anak sasaran betah berada di posyandu.

“Apa lagi kalau sudah tahu jadwal Posyandunya, jadi sekarang bukan lagi para kader yang mencari sasaran yang belum datang, melainkan perkembangan di lapangan anak-anak yang semangat untuk datang ke Posyandu,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dalam kunjungan Supervisi ini mengatakan, dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, tidak bisa dijalankan tanpa adanya kolaborasi dan kerjasama seluruh pihak.

“Untuk menghasilkan program kerja yang baik, harus ada kekompakan mulai dari desa/kelurahan hingga tingkat kecamatan, bahkan tingkat RT dan RW pun harus kompak,” tuturnya.

Mussadiyah menegaskan, tujuan dari SMEP ini sangat baik untuk mengetahui sejauh mana 10 program pokok PKK terimplementasi di setiap desa/kelurahan di Barombong.(*)


BACA JUGA