Menko PMK Resmikan Gedung Baru UT Makassar, Fasilitas Lengkap dan Lebih Nyaman

Rabu, 10 Juli 2024 | 17:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gedung baru Universitas Terbuka (UT) Makassar akhirnya diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof Muhadjir Effendy pada Rabu (10/07/2024).

Peresmian turut dihadiri Rektor UT, Prof Ojat Darojat, Direktur UT Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim, Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, dan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, Menko PMK, Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa UT saat ini sudah lebih maju ketimbang perguruan tinggi lain. Terlebih dengan kehadiran gedung baru yang punya teknologi dalam mendukung pembelajaran jarak jauh.

“UT itu adalah perguruan tinggi yang mendahului zaman. Ketika dunia belum mengenal teknologi pembelajaran, UT sudah bicara tentang audio visual dan produksi media, dan yang lain itu,” katanya.

Ia juga ingin bahwa UT dikenal lebih lagi sebagai salah satu perguruan tinggi negeri. Ia berharap nama UT diubah demi mendapatkan citra yang baik sebagai kampus milik negara.

“Jadi universitas negeri biar meyakinkan bahwa ini negeri, sehingga tadi itu pak Gubernur bilang alumni punya kebanggaan, pride nya kuat, dan percaya diri,” tambahnya.

Rektor UT, Prof Ojat Darojat menyampaikan gedung baru ini dibangun untuk meningkatkan citra kampus di mata masyarakat. Apalagi lokasinya berada di simpang lima Bandara Sultan Hasanuddin.

“Gedung termasuk lokasinya salah satu komponen yang penting agar kita dicitrakan bagus oleh orang agar mendapatkan kesan pertama yang positif,” katanya.

Prof Ojat juga memastikan kenyamanan pelayanan dan pembelajaran bagi sivitas akademika di UT lewat gedung baru ini. Begitu juga dengan biaya kuliah yang dipastikan lebih murah.

“Mereka nyaman ada disini bekerja lebih produktif termasuk melayani mahasiswa dengan baik sehingga otomatis citra UT akan semakin bagus,” ujarnya.

“Biaya yang sangat terjangkau murah tapi tidak murah-murahan dengan pembelajaran yang bagus apalagi status sudah negeri dan PTN-BH lagi,” tambah Prof Ojat.

Sebelumnya, Direktur UT Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim mengatakan fasilitas gedung baru ini diantaranya, parkiran basement, parkiran ground, ruang ujian online, ruang pelayanan dan sky lounge.

“Kita juga punya ruang kelas tutor untuk perkuliahan online. Jadi disini memang kuliahnya fleksibel,” tambahnya.

Gedung baru itu, lanjut Rahman Rahim, menghabiskan anggaran Rp100 miliar. Ia memastikan gedung kedua setelah di Jalan Monginsidi Baru itu mampu memberikan kenyamanan perkuliahan bagi mahasiswa.

“Semoga dengan hadirnya gedung baru ini mampu menjadikan Universitas Terbuka Makassar kian unggul dalam dunia pendidikan,” tukasnya.

Saat ini, UT Makassar memiliki mahasiswa aktif sebanyak 8.200 orang. Sedangkan alumni yang telah dicetak berjumlah lebih dari 80.000 orang.

UT Makassar ini terus membuka pendaftaran mahasiswa baru. Sejauh ini, pihaknya telah menerima 3.200 pendaftar.(*)


BACA JUGA