MTs Arifah Gowa Bentuk Karakter Peserta Didik Baru Lewat Matsama

Senin, 15 Juli 2024 | 17:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebagai salah satu upaya untuk membentuk karakter peserta didik baru, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arifah Gowa mulai membuka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Kegiatan pembukaan Matsama tingkatan MTs Arifah Gowa berlangsung di Masjid Imam Al Ghazali, Jalan Bokolu, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Senin (15/07/2024).

pt-vale-indonesia

Matsama tersebut dibuka langsung oleh Direktur Madrasah Arifah Gowa, H. Muh. Nurdin B didampingi Kepala Madrasah Tsanawiyah Arifah Gowa, Hj. St. Satiah.

Hadir pula dewan guru dan pembina MTs Arifah Gowa yang ikut mendampingi peserta didik baru dalam kegiatan Matsama.

Dalam sambutannya, H. Muh. Nurdin B berharap semua peserta didik baru dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Matsama yang di laksanakan di tingkatan MTs.

“Tentu di tingkatan lain juga dilakukan kegiatan Matsama. Olehnya itu, saya harap anak-anakku peserta didik baru ini bisa bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala MTs Arifah Gowa, Hj. St. Satiah mengucapkan selamat datang untuk seluruh peserta didik baru.

“Selamat datang untuk anak-anak ku semua. Kalianlah yang terpilih masuk di MTs Arifah dan hari ini menjadi hari pertama masuk di madrasah dengan pengenalan lingkungan madrasah selama 5 hari ke depan,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan Matsama ini merupakan salah satu cara untuk membentuk karakteristik siswa untuk lebih mengenal lingkungan dan saling mengenal satu sama lain.

“Kita juga mengenalkan semua sarana dan prasarana yang ada di MTs Arifah, juga dengan para pendidik dan tenaga kependidikan,” tuturnya.

Selain pengenalan lingkungan, kegiatan Matsama juga diharapkan agar  peserta didik baru bisa tertanam karakter yang sesuai dengan motto Madrasah Arifah Gowa yaitu jujur, cerdas dan tawadhu.

Pada kesempatan itu juga, Hj. St. Satiah
memberi apresiasi kepada siswa yang berhasil menjawab apa tujuan dari pada Matsama (saling mengenal).

Dia juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada pengurus OSIM MTs Arifah Gowa yang mendampingi para peserta matsama tahun ajaran 2024/2025.(*)


BACA JUGA