Test Ride Yamaha NMAX Turbo, Makin Kencang Berkat Sensasi Turbo

Sabtu, 20 Juli 2024 | 19:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Yamaha NMAX Turbo baru saja diluncurkan oleh PT Suracojaya Abadimotor selaku Main Dealer Yamaha area Sulselbar.

Selain peluncuran, SJAM juga menggelar test ride untuk pihak dealer, komunitas, konten  dan media. Reporter Gosulsel.com menjadi salah satu yang berkesempatan mencoba Yamaha NMAX Turbo di parkiran lot Mall Phinisi Point, Sabtu (20/07/2024).

pt-vale-indonesia

Disini saya akan membahas secara singkat mengenai performa mesin terbaru dari Yamaha NMAX Turbo yang mengunakan teknologi terbaru yakni Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT).
Sesuai namannya, motor skutik premium ini tidak asal disematkan kata Turbo. Saat dicoba, memang ada sensasi turbo dalam dua mode yang dihadirkan.

Sebagai informasi, NMAX baru ini punya dua mode berkendara, yakni T (town) dan S (Sport). Ketika berganti dari mode T ke S dalam kondisi konstan, motor dapat tambahan ‘nafas’ hingga 1.000 rpm.

Ketika di Town Mode, motor terasa lebih tenang dan hemat bahan bakar. RPM tertahan di sekitar 5.600, memberikan pengalaman berkendara yang lebih lembut.

Sebaliknya, Sport Mode langsung menunjukkan perbedaannya dengan akselerasi yang cepat dan RPM yang melonjak tinggi, terutama ketika kick down dilakukan. Hal itu yang membuat saya bisa merasakan sensasi turbo di NMax baru.

Selain itu, produsen juga melengkapinya dengan Y-Shift yang terdiri dari tiga level: low, mid dan high. Fitur tersebut membuat motor yang sejatinya otomatis terasa seperti manual.

Ketika akselerasi, saya memuntir tuas gas dalam-dalam, kemudian Y-Shift saya tambah pelan-pelan ke level dua dan tiga. Pada momen tersebut, motor terasa seperti mendapat tambahan tenaga. Bukan hanya itu, ketika deselerasi dan rpm menurun, motor akan mendapat sensasai engine-brake ketika level Y-Shift ditambah.

Dengan tambahan fitur turbo, naik NMAX baru rasanya lebih menyenangkan dan tak membosankan. Sebab, ketika motor matik lain umumnya hanya menawarkan opsi gas-rem, tunggangan tersebut justru menawarkan sensasi ala-ala motor bertransmisi manual.
Jadi kesimpulannya, NMAX Turbo ini sangat cocok digunakan baik dalam perjalanan dalam kota atau jarak jarak jauh. Berkendara semakin nyaman dan performa makin tangguh berkat mesin baru.

Meskipun saya tidak sempat mengeksplorasi semua fitur yang ada khususnya navigasi seperti yang dijumpai di Yamaha XMAX, namun  motor ini patut dijadikan partner andalan saat berkendara.(*)


BACA JUGA